Penggarapan Deleng Cengkeh Bukan Soal Baru

0
144

Bernard Pangaribuan 3B. KURNIA PARGAULAN P. KABANJAHE. Masalah penggarapan lahan hasil perambahan di Deleng Cengkeh sebenarnya bukan hal baru. Hanya saja, walaupun sudah dilaporkan selama ini ke dinas terkait, tetap tidak ditanggapi. Tindakan berarti tidak pernah dilakukan. Penggarap bebas beraktivitas sehingga air untuk kebutuhan warga tercemar.

Menurut mereka yang mewakili warga Desa Kutabangun (Kecamatan Tigabinanga), Muspika Tigabinangan sudah pernah menjembataninya. Mereka mempertemukan warga dengan pihak penggarap yang berjumlah 17 orang; Darwin Ginting, Ritwan Ginting, Sabar Ginting, Mulihkin Karo-karo. Dalan Tarigan, Gembira Ginting, Des Tarigan, Hendra, Jon Keper Sembiring, Pelita Ginting, Paulus Tarigan, Candra Tarigan, Samaria Beri Ginting, Hasil Ginting, Nustar Tarigan dan Marlon Sembiring. Kesemuanya warga Desa Lau Peradep (Kecamatan Laubaleng).

Saat itu ketujuhbelas penggarap telah membuat perjanjian dan ditandatangani kedua kepala Desa Lau Peradep (Ratnawati br Sembiring) dan Kepala Desa Kutabangun (Bobi Ginting) di hadapan warga Kutabangun pada 21/9/2014 lalu serta disaksikan oleh Muspika setempat. Isi dari perjanjian itu adalah bahwa para penggarap akan meninggalkan lokasi, karena telah mengganggu mata air yang digunakan masyarakat. Namun hasilnya, hingga saat ini mereka tidak menggubris konon pula angkat kaki.

“Mereka masih berada di lokasi dan mengangkangi surat perjanjian tersebut,” kata perwakilan warga Desa Kutabangun kepada wartawan.

Baru-baru ini, warga sudah mendatangi Camat Tigabinanga (Membela Tarigan SH) untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut. Camat berjanji akan menindaklanjutinya.

“Kami harapkan hal ini cepat ditanggulangi, jangan nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar warga itu.


[one_fourth]berjanji akan menindak-lanjuti[/one_fourth]

Kadis Kehutanan Kabupaten Karo (Ir. Martin Sitepu) ketika dikonfirmasi melalui Kabid PPH, Pranoto Ginting didampingi Ka UPT Laubaleng B. Sihombing dan Ka UPT Tigabinanga Mirwan Ginting di Kantor Dinas Kehutanan Karo di Kabanjahe disaksikan warga Kutabangun berjanji akan menindaklanjuti permasalahan tersebut.

“Dinas Kehutanan akan segera ke lokasi untuk menindaklanjutinya,” ujar Pranoto Ginting.

Leave a Reply