Jokowi ke Karo Lagi

1
91

Kementrian PU: Sarana Air Bersih di Relokasi Pengungsi Sudah Siap Sebelum Jokowi Tiba

 

foto nggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Persiapan demi persiapan terus dilakukan di relokasi pengungsi Sinabung. Selain membangun tenda-tenda, pengamanan di lokasi tempat kunjungan Presiden mulai diperketat. Selain itu, berbagai pihak terus melakukan persiapan.

Seperti yang dilakukan oleh pihak Kementrian Pekerjaan Umum. Mereka sudah mempersiapkan sarana air bersih untuk para warga yang akan tinggal di lokasi desa baru ini.  Kurang lebih 240 rumah yang sudah disiapkan sudah terpasang jaringan air bersih saat ini.

“Rencananya Presiden Jokowidodo akan melakukan kunjungan dengan menggunakan helikopter ke lokasi relokasi sekitar kurang lebih Pukul 15.00 wib setelah melaksanakan sholat Idul Adha penyembelihan hewan qurban,” kata Direktur Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Kementrian PU.

1 COMMENT

  1. Kedatangan Jokowi sebagai presiden RI ke Karo banyak membantu mengenalkan Karo ke dunia luar. Dalam hal ini kenegatifan Sinabung juga ada positifnya.
    Pengungsi ini sudah hampir 2 tahun hidup dipengungsian, dan sampai sekarang juga tak ada pepastian bagi sebagian besar pengungsi. Mudah-mudahan kedatangan presiden kali ini bisa melahirkan penyelesaian yang permanent bagi pengungsi yang sudah menderita lama itu.

    Tempat tinggal pemanent dan mata pencaharian permanent, itulah yang diutamakan sekarang.
    Anggaplah erupsi Sinabung ini masih akan terus selama 20-30 tahun lagi, sehingga memang tak ada jalan lain selain relokasi permanent. Bikin kepastian mengurangi sakit jantung juga. Kesehatan pangungsi menurun karena tak ada kepastian.

    Sebagian sudah dibikin bagus (Siosar) dengan bantuan terpuji dari TNI. Apresiasi rakyat pengungsi dan rakyat Karo umumnya kepada TNI, walaupun itu baru sebagian dari semua problem tetapi harganya tak ternilai.
    Patilah kualitas tanah (kesuburan) di tempat itu tak sama dengan kualitas sekitar Sinabung yang memang tak ada lawannya dengan tanah-tanah lain. Tetapi tingkat perkembangan berikutnya ialah bagaimana penggunaan atau pengolahan tanah-tanah itu sehingga berangsur bisa jadi tempat cari nafkah bagi petani pengungsi,
    Di China banyak daerah tandus dan berbatu tetapi bisa diolah jadi lahan bertanian yang subur dan menghasilkan tak kalah dari tanah subur lainnya. Ini tentu bukan biasa, tetapi rakyat punya daya kreasi yang tak terduga menghasilkan apa saja dalam jangka panjang mupun pendek. Sekarang pastilah yang sangat dibutuhkan ialah tempat permanent bagi pengungsi yang sudah lama mengungsi.

    MUG

Leave a Reply