Sirulo TV: Perkawinan Simalungun di Medan

0
354

roselindasimalungun 1ROSELINDA PURBA. MEDAN. Dua menjadi satu… kalimat yang harus direalisasikan apabila dua orang ingin menempuh ke jenjang perkawinan. Untuk mewujudkan suatu perkawinan sangatlah rumit dan butuh biaya yang sangat besar apalagi pesta perkawinan itu dijalankan dengan aturan adat dari suku masing-masing.

Pesta perkawinan pada Suku Simalungun, sebelum ditentukan harinya ada 3 tahap yang harus sudah dilakukan seperti : Patappe parsahapan (perkenalan), maralop (kesepakatan) dan martuppol (pra nikah).

Tiba saat yang sudah ditentukan, biasanya diawali dengan pemberkatan dan biasanya akan dilanjutkan Makan Bersama dengan keluarga kedua belah pihak serta undangan umum. Kebanyakan ini sering menggunakan gedung.

Awal acara di gedung, biasanya keluarga pihak pengantin laki laki beserta pengantin disambut (alo alo) oleh saudara perempuan ayah pengantin laki laki (boru). Kemudian, secara bersamaan nanti kan menyambut atau mangalo-alo keluarga pihak perempuan. Pihak pengantin laki-laki harus tunduk dan hormat sambil menari dengan piring yang berisi beras, daun sirih dan uang.

Pada saat makan bersama, saat itu jugalah kedua keluarga memberikan atau menyerahkan manuk nabinatur yang merupan makanan kebesaran bagi Suku Simalungun.

simalungun 5Makanan yang diserahkan ini adalah ayam yang sudah diolah yang disusun di piring sesuai dengan susunan anggota tubuh ayam tsb. Setelah Makan Bersama selesai, di sinilah kita sering untuk lebih serius memperhatikan keluarga pihak pengantin perempuan menyematkan topi kepada kedua orangtua pengantin laki-laki dan untuk yang perempuan bulang dan bapak disebut dengan gotong. Sekaligus mereka berdua diulosi.

Hal yang sama juga diserahkan kepada kedua pengantin. Di sinilah kita sangat terharu karena pengantin perempuan akan menangis dan berpelukan dengan kedua orangtuanya setelah keduanya diberi nasihat sekaligus menyerahkan anak perempuannya kepada pihak mempelai pria dan saling melepas tangis.

Setelah acara ini selesai barulah dilanjutkan dengan acara mangulosi yang urutannya dimulai dari keluarga terdekat sampai kepada handai taulan yang dianggap pantas untuk mangulos.


Leave a Reply