Pengembangan Silat Karo (Ndikkar)

1
408

ndikkar 3

Oleh: Robinson Ginting Munthe (Jakarta)

 

robinson g. muntheSaya ikut bangga dan salut untuk teman-teman yang berdedikasi melestarikan dan mengembangkan ndikkar (silat Karo). Ada baiknya juga mulai diidentifikasi dan dikembangkan teknik-teknik dalam ndikkar sebagai memudahkan peserta didik dan masyarakat luas mengenal lebih jauh tentang ndikkar (suatu saat bisa dijadikan buku/ booklet).

Misalnya, teknik-teknik yang termasuk dalam pertarungan berdiri (stand-up fighting), baik serangan maupun pertahanan, bersenjata (tajam, tongkat, dll), maupun yang tidak bersenjata.

Lalu teknik-teknik yang menyangkut pergumulan (ground fighting), baik serangan maupun bertahan. Kalau ada teknik bantingan dan kuncian, bikin juga kategorinya. Kalau bisa lengkapi dengan narasi dan gambarnya (siluet/ sketsa).

ndikkar 2Khusus untuk ndikkar yang ditampilkan dalam acara (pertunjukan/ ermayan) aturlah sedemikian rupa sehingga cantik untuk dilihat. Tentu saja dengan persiapan yang matang termasuk komunikasi yang mantap diantara penampil.

Lalu, sistem grading (peringkat/ level/ sabuk) disusun sedemikian rupa berdasarkan tingkat ketrampilan/ kecakapan yang sudah dicapai berdasarkan panduan/ silabus yang ada.

Saya yakin teman-teman sangat memahami detil dari ndikkar kita ini. Ini sekedar pendapat dan dukungan moral dari saya. Suatu ketika nanti dedikasi dan karya teman-teman akan berbuah. Mejuah-juah.


1 COMMENT

  1. Setuju sepenuhnya, karena dukungan moral dan tambahan pemikiran dalam semua soal yang dihadapi, bagi orang Karo sangat diperlukan sekarang ini, dan telah bisa disampaikan dengan cepat dimana saja kita berada dan kemana saja. Prinisp ini sangat dibutuhkan bagi tiap suku bangsa dalam Bhineka Tunggal Ika. Dukungan intern dalam suku dan dukungan sesama suku bangsa Indonesia, pasti akan banyak mendorong perkembangan dan kemajuan negeri kita sebagai satu nation yang banyak suku bangsanya. Bagi Karo terutama sangat penting karena Karo baru saja bangun dari ‘jungkir baliknya’ yang sudah berulang-ulang dalam periode sejarah yang sangat panjang itu.

    Di era sekarang Feedback termasuk salah satu pernyataan dukungan yang sangat berharga dan bermanfaat, juga sangat efektif. Karo yang karena sifat dan way of thinkingnya, masih perlu segiat mungkin menghidupkan, meningkatkan dan mengembangkan teknik feedback yang semakin medalam dan luas dipelajari sebagai satu tema diskurs seluruh dunia.

    MUG

Leave a Reply