Sirulo TV: Kincir Angin Pembangkit Listrik di Belanda

0
203

kincir ngin 2LORETA KAROSEKALI. AMSTERDAM. Negeri Belanda mengenai tradisi kincir angin (molen) yang berfungsi ganda. Pertama, kincir angin ini berfungsi untuk memindahkan air dari satu aliran ke aliran lain. Ke dua, dapat juga dipergunakan untuk menggerakkan alu penumbuk gandum untuk menjadi tepung.

Ada satu lagi fungsinya meski tidak semua kincir angin dijadikan begitu, yaitu sebagai rumah tempat tinggal.

Kini, prinsip yang sama dipergunakan untuk menggerakkan dinamo penghasil listrik. Sebagaimana terjadi pada kincir angin tradisional, angin memutar baling-baling dan baling-baling menggerakkan dinamo untuk menghasilkan listrik.

Negeri Belanda telah memproduksi besar-besaran kincir angin penghasil listrik ini. Sebagian besar mereka pergunakan sendiri, tapi sebagian lainnya mereka jual ke beberapa negara tetangga seperti Belgia dan Jerman.

kincir ngin 3Orang-orang Belanda mengimpikan suatu saat nanti hanya kincir angin dan solar panel yang memproduksi listrik untuk seluruh Belanda. Apakah mereka akan berhasil? Kita lihat saja nanti.

Tayangan Sirulo TV di bawah ini menunjukkan bagaimana kincir angin ditempatkan di tempat-tempat yang banyak mendapat tiupan angin keras. Sebagian besar kincir angin ini ditempatkan di laut tak jauh dari pantai, tapi sebagian di padang rumput sebagaimana terlihat di tayangan berikut.



Leave a Reply