Kolom M.U. Ginting: TERTINGGAL JAMAN

0
132

M.U. Ginting 2“Kebangkitan ideologi Komunis makin terlihat nyata, ada kelompok yang ingin memutar fakta sejarah seolah mereka adalah korban,” ujar Mulyono (KSAD).

Pak KSAD ini kelihatannya belum jelas, atau belum baca pernyataan Sarwo Edi sebagai komandan operasi militer ketika itu, dimana dia catat  angka 3 juta orang PKI yang jadi korban tewas. Pembunuhan ini tentu tak sesuai dengan Sila ke 2 dari Pancasila soal Keadilan yang beradab. Jelas bertentangan dengan Pancasila.

”Kebangkitan ideologi Komunis makin terlihat nyata,” katanya.

Jelas tak ilmiah, tak sesuai dengan kenyataan perubahan jaman. Dulu ada soal ’kiri’ dan ’kanan’, sekarang sudah tak ada, atau pengertiannya sudah sangat lain. ’Kiri’ dulu disejajarkan dengan Sosialisme/ Komunisme, Blok Timur atau Blok Soviet. ’Kanan’ disejajarkan dengan Blok Barat pimpinan USA. Sekarang tak ada lagi Blok Timur maupun Barat.

tertinggal 2
Foto dijpret di Kawah Ijen oleh ITA APULINA TARIGAN

Dengan sendirinya juga pengertian kiri-kanan atau Sosialis/ Komunis dan Demokrasi/ Kebebasan otomatis berubah. Dasar-dasar definisi lama sudah tak ada lagi atau, dengan kata lain, kontradiksi pokok dunia sudah berubah.

Gerakan Nasional/ Etnonasional mendominasi dunia sekarang. Ini ada buktinya di seluruh dunia. Banyak yang pusing kepala, apalagi kalau masih tertinggal dalam pengertian lama ’kiri-kanan’ era lama itu. Pusing dan bingung karena tak bisa melihat perubahan kenyataan termasuk dalam perubahan kesedaran manusia dunia.

Di Scotland pemilihan merdeka, tetapi kalah karena orang-orang Skotland yang tinggal di Inggris tak boleh milih. Katalonia kemarin Referendum dan menang, Spanyol bingung dan merasa konyol sendiri. Kalau dulu ini disebut ’separatis’ sekarang tak ada yang berani bilang begitu. Ya, bingung saja.

tertinggal 3Partai-partai kiri, Sosialis/ Komunis dan Sosial Demokrat lama dan juga partai-partai kanan lama semakn merosot saja di seluruh dunia, dan partai-partai ’Nasionalis’ menanjak jadi partai ke 3 dalam tahap sekarang ini. Mereka ini menanjak terus, kebalikan dari partai-partai kiri dan kanan old fashion, merosot.

Sekiranya banyak pencerahan ilmiah mengapa begini, tentu semakin banyak para jenderal di dunia yang mau berpolitik akan lebih pandai atau setidaknya tak jauh sekali pikirannya tertinggal jaman.



Leave a Reply