Kolom Paulus Jepe Ginting: Terkelin – Cory Makin Diperhitungkan

0
128

 

Paulus Jepe GintingDalam politik Pemilukada dan Pilpres, posisi incumbent selalu jadi perhatian. Sebagai incumbent ada banyak keuntungan pollitik dapat dinikmati tanpa bisa dinikmati oleh calon- calon lain.

Dari sudut popularitas incumbent pasti sudah leading dibandingkan calon-calon lain. Keuntungan lain adalah pemanfaatan birokrasi secara efektif. Bagaimanapun incumbent masih mengontrol kegiatan pemerintahan yang dijalankan oleh birokrasi. Pemanfaatan resources lain seperti mobilisasi dana melalui berbagai aktivitas pemerintahan bukan hal sulit dilakukan oleh incumbent.

Ditopang oleh jaringan calon wakil dari berbagai sumber, maka wajar saja pasangan Terkelin Brahmana dan Cory Sebayang sangat diperhitungkan.

Satu-satunya cara untuk menghempang lajunya pergerakan incumbent ialah memberi keyakinan kepada masyarakat bahwa dalam periode sebelumnya apa yang dilakukan mengalami kegagalan. Tentu saja dengan mengemukakan sejumlah bukti. Kalau pasangan calon lain tidak mampu membuktikan maka wajar saja incumbent leading meninggalkan Paslon lain.

Tampaknya belum ada calon yang melakukannya.

Terkelin Brahmana sebagai seorang pertua, pembawaan kalem dan sederhana, tidak banyak berbicara, sering dibully oleh pemberitaan justru berakhir pada simpati publik. Cory Sebayang sebagai satu-satunya perwakilan perempuan dapat menarik simpati kaum perempuan yang jumlah pemilihnya tidak sedikit.

Sebagai anggota masyarakat kita berharap semoga masyarakat pemilih semakin cerdas mengamati pergerakan yang dilakukan oleh incumbent dan pasangannya, dibantu oleh timses baik secara terang-terangan ataupun tersembunyi melalui saluran-saluran birokrasi.

Leave a Reply