Mahasiswa Karo FISIP USU 2015, “The Next Karo Leader”

1
213

Ema SinulinggaEMA SINULINGGA. BERASTAGI. Ikatan Mahasiswa Karo (IMKA) Eguaninta FISIP USU melaksanakan acara penyambutan mahasiswa baru tahun 2015 di akhir September barusan [Sabtu 26/9 – Minggu 27/9]. Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yakni dengan adanya Latihan dasar kepemimpinan “The next Karo and Indonesian Leaders”.

Kegiatan ini berlangsung di Villa Sigantang Sira, Gundaling (Berastagi). Dalam kegiatan latihan dasar kepemimpinan Eguaninta FISIP USU ini dilakukan berbagai kegiatan seperti pemberian materi The next Karo and Indonesian Leaders dan berbagai materi dinamika kelompok. Kegiatan juga banyak diwarnai dengan games solidaritas kelompok, diskusi peminpin Karo, diskusi Karo terkini, kreativitas generasi muda, dan pemutaran film pendek Karya IMKA Eguaninta dengan judul film “Mahasiswa Karo Sekarang”.

Tradisi makan bersama di daun pisang dengan menu khas Karo seperti Gulai nurung kerah masih dilangsungkan. Hal ini dilakukan setiap tahun dan telah menjadi tradisi di dalam IMKA EGUANINTA FISIP USU untuk meningkatkan rasa solidaritas anggota.

eguaninta 2
Mengutip sampah di jalan menuju Puncak Gundaling

Mahasiswa baru begitu antusias dan aktif di dalam mengikuti seluruh kegiatan. Dimulai dari kata sambutan yang disampaikan oleh Camat Berastagi, Milton Ketaren. Milton Ketaren yang merupakan alumnus dari IMKA Eguaninta Fisip USU, memberikan beberapa motivasi dan harapan kepada mahasiswa Karo agar menjadi harapan baru kepemimpinan Taneh Karo.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi “The next Karo Leaders” oleh dosen FISIP USU yang juga merupakan Pembina IMKA Eguaninta Fisip USU, drs. Rasyudin Ginting MSi dan drs. Robinson Sembiring MSi. Dalam pemaparan materi juga dilakukan diskusi interaktif dan tampak bahwa mahasiswa sangat antusias di dalam berdiskusi.

Selain itu IMKA Eguaninta FISIP USU juga menghadirkan pemateri dari Alumni IMKA Fisip USU seperti Salmen Sembiring yang membawa materi Dinamika Kelompok “The next Karo and Indonesian Leaders”. Materi ini juga diiringi dengan berbagai macam game yang melatih jiwa kepemimpianan peserta. Mahasisa diminta aktif dan menjadi intelektual sejati. Mahasiswa Karo angkatan 2015 ini juga diharapkan menjadi generasi 20 bukan 80 sesuai hukum Pareto.

Pada tengah malam, acara dilanjutkan dengan api unggun. Dalam kegiatan ini dilakukan refleksi mengenai kekaroan dan pembangunan Karo yang tidak hanya terbatas wilayah Kabupaten Karo tapi juga seluruh Taneh Karo yang meluas ke Langkat, Medan, Deliserdang, Simalungun dan Dairi.

Du Hari ke 2 [Minggu 27/9], kegiatan dilanjutkan dengan bakti sosial memungut sampah sepanjang jalur menuju Bukit Gundaling.

eguaninta 4Dengan seluruh rangkaian kegiatan ini Eguannta Angkatan 2015 diharapkan agar tetap solid dalam organisasi. Seluruh kegiatan diharapkan mampu membangun jiwa dan karakter kepemimpinan Mahasiswa IMKA EGUANINTA FISIP USU. Diharapkan ke depannya generasi ini akan menjadi motor transformasi Karo. Hal ini dikarenakan pembangunan suatu daerah sangat dipenggaruhi kepedulian putra putri daerah tersebut.

Putra putri daerah tersebutlah yang akan meneruskan proses pembangunan menuju kemajuan daerahnya. Hal ini seharusnya sejalan dengan perkembangan zaman dan di tengah harapan pada generasi muda.

1 COMMENT

  1. Saya jadi terheran-heran, begitu tinggi sudah tingkat kesedaran mahasiwa-mahasiswa Karo ini. Saya melihat terutama dalam soal KEKAROAN dan soal arah besar kepemimpinan (leadership) secara daerah, nasional dan dunia.
    Soal leadership adalah salah satu dari 3 arah besar perubahan dan perkembangan dunia:

    1. Demokrasi,
    2. EQ ( The Clash of Emotions, Culture) dan
    3. Leadership.

    Disamping terheran-heran saya juga sangat senang dan bangga.

    Maju terus anak-anak muda

    MUG

Leave a Reply