Kebakaran di Gunung Penanggungan

1
343

kebakaran 9

 

ita-13.jpgITA APULINA TARIGAN. SURABAYA.  Pemilik foto di atas adalah Yuar Fajrianto yang di-retweet oleh Radio Suara Surabaya hari ini [Senin 5/10].

Menurut informasi yang dikumpulkan oleh Sora Sirulo, foto itu adalah mengenai kebakaran hutan di Gunung Penanggungan. Tampak garis kemerahan arah Barat Daya kelihatn jelas dari Gedangan.

Awal kejadian kebakarannya mungkin sudah jauh lebih lama, tapi menjadi terlihat dari jauh baru sejak sejam barusan. Kebakaran ini terlihat jelas dari Purwojati, Ngoro, dan Mojokerto. Juga dari posisi Sora Sirulo di Sidoarjo kebakaran terlihat cukup jelas.

Dapat ditambahkan, tim pendakian Sora Sirulo baru saja kemarin [Minggu 4/10] turun dari puncak Gunung Penanggungan. Ini berarti, setelah kebakaran di Gunung Welirang, kini tetangganya Gunung Penanggungan juga mengalami kebakaran.

Akibat musim kemarau yang berkepanjangan ini memang hutan-hutan di Indonesia sangat sensitif untuk mudah terbakar. Di Jakarta saja, padang ilalang di pinggir jalan tol bisa terbakar hanya karena ada orang buang puntung rokok ke situ.

1 COMMENT

  1. Banyak kebakaran hutan disengaja, walaupun terjadi juga tak disengaja, seperti Ita bilang bisa terjadi dari melemparkan puntung rokok yang masih menyala, terutama musim kemarau begini yang berjangka panjang. Rumput jadi kering dan mudah terbakar.
    Di Eropah barat umumnya tak sembarangan orang buang puntung rokok, sudah banyak tersedia tempatnya. Tetapi dimana tak ada tempatnya orang sangat hati-hati, betul dimatikan dulu apinya. Mengapa orang bisa sampai setinggi itu kesedarannya?
    Saya pikir tak perlulah kita menguraikan sejarah panjang soal itu. Mari jaga saja puntung rokok kita jangan sampai bikin kebakaran. Hanya mencurahkan sedikit konsentrasi pikiran bahwa api dari puntung rokok bisa biikin kebakaran yang luas dan bikin kerugian banyak.

    Soal penting lainnya ialah ayo beramai-ramai ikut partisipasi membelejeti dan membongkar pembakaran hutan dengan sengaja oleh perusahaan yang tak bertanggungjawab. Pembelejetan bersama secar ramai-ramai dengan menggunakan media internet dan media sosial, KETERBUKAAN dalam soal hutan dibakar akan secara pasti mengurangi jumlah pembakar, dan satu waktu pasti hilang dan hutan kita selamat. Jadi KETERBUKAAN dan partisipasi jutaan publik adalah obatnya. Apakah ada obat lain?

    MUG

Leave a Reply