Thema Simposium Nasional Akutansi Tahun Ini

0
137

Minta Sebayang 2MINDA SEBAYANG. MEDAN. Tahun ini, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Sumatera Utara (USU) Medan mendapat kepercayaan menjadi penyelenggara SNA-XVIII dengan thema ‘Peluang dan Tantangan ASEAN Economic Community (AEC) Terhadap Profesi Akuntan’. Thema ini merupakan issue yang sedang hangat dibicarakan saat ini karena dengan diberlakukannya AEC pada akhir tahun ini, maka tidak akan ada lagi batasan untuk berbagai aktivitas ekonomi di negara-negara anggota ASEAN.


[one_fourth]menghadapi persaingan[/one_fourth]

Sebagaimana dihimpun oleh Sora Sirulo selama berlangsungnya SNA XVIII di USU barusan [16-19 September 2015], diramalkan ke depannya, berbagai barang dan jasa akan masuk dan keluar secara bebas dan termasuk di dalamnya pasar jasa di bidang akuntansi. Akuntan Indonesia harus bersiap untuk menghadapi persaingan dengan akuntan dari negara lain dan hal ini harus dipersiapkan dengan baik.

sna 6Akuntan pendidik merupakan garda depan lahirnya akuntan professional yang mampu bersaing dengan akuntan-akuntan dari Negara lain. Dari akuntan pendidik yang handal maka akan lahir akuntan publik yang profesional, akuntan pemerintah yang kompeten dan juga akuntan manajemen yang berkualitas. Profesi akuntan pendidik memerlukan sebuah road map sehingga dapat mempersiapkan akuntan-akuntan masa depan yang memiliki nilai tambah (value added) sehingga mampu bersaing di pasar bebas.

Akuntan pendidik terikat kepada Tri Dharma Perguruan Tinggi dimana mereka harus melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. SNA-XVIII merupakan tempat yang tepat untuk meningkatkan kompetensi mereka, sekaligus menjadi ajang untuk memperkuat komunikasi dan hubungan para akuntan dari seluruh Indonesia.

Leave a Reply