Kiriman Asap di Dataran Tinggi Karo

0
158

salmen kembaren 2

serdang 3
Sebuah areal persawahan di Desa Serdang (Kecamatan Barusjahe, Dataran Tinggi Karo) saat ini yang diselimuti asap kebakaran [Senin 12/10: 14.00]

SALMEN KEMBAREN. BARUSJAHE. Kabut asap hampir satu bulan terasa bagi warga Dataran Tinggi Karo. Kabut asap kiriman ini berasal dari pembakaran lahan di bagian lain dari Pulau Sumatera ini menebal seminggu terakhir.

Angin yang berhembus ke arah Barat dan Utara Pulau Sumatera hari ini [Senin 12/10] mengakibatkan asap mengarah ke Sumatera Utara dan negara-negara tetangga. Hujan beberapa hari terakhir mengurangi ketebalan asap, memang, namun tetap saja mengganggu pandangan mata.

Aktivitas penduduk belum banyak terganggu sejauh ini. Mereka yang beraktivitas ke lahan pertanian belum mengenakan masker. Warga mulai mengeluhkan mengenai batuk dan tenggorokan kering. Aktivitas di sekolahan juga masih berlangsung.

serdang 5
Areal persawahan Desa Serdang sebelum menerima asap kiriman.

Sejauh ini, belum ada pembagian masker baik dari Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten maupun Kecamatan atau pihak-pihak pemerhati lainnya. Pemerintah seharusnya cepat menanggapi hal tersebut untuk mengurangi risiko kesehatan masyarakatnya.

Leave a Reply