BANK

0
185

Oleh: Daud S. Sitepu (Papua)

 

daud sitepuKata bank awalnya berasal dari bahasa Italia dengan kata banque atau banca yang berarti bangku. Kata bangku dalam bahasa Indonesia kita dapat dari kata Belanda bank yang berarti bangku atau kursi panjang, dan Belanda dapat itu dari kata Italia tadi. Awalnya, transaksi pada jaman dulu di bangku-bangku; mulai dari barter sampai kepada transaksi keuangan setelah adanya uang koin ataupun uang kertas.


Pengertian bank menurut Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998 adalah mengumpulkan/ menghimpun dana atau uang dari masyarakat dan menyalurkannya kembali ke masyarakat dalam bentuk kredit dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

bank 1Dalam perkembangannya, bank di Indonesia dibagi menjadi bank umum, bank perkreditan dan bank Syariah. Bank konvensional dan Syariah diawasi oleh bank sentral. Di Indonesia di awasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan Bank Indonesia.

Dengan adanya bank, sektor-sektor ekonomi dapat digerakkan, bisnis berkembang serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Fungsi bank di seluruh dunia hampir sama. Fitur dan produknya saja yang berbeda-beda dan dikemas dengan berbeda-beda agar tampil lebih menarik.

Leave a Reply