Gundala-gundala Gabungan (Komik dan Karo)

0
421

gundala 7

 

Oleh: Ian Sintua (Desa Surbakti)

Ian SintuaGundala-gundala yang dikenal di kalangan Suku Karo adalah sebuah sejenis seni topeng yang dipertunjukan di berbagai kesempatan/ ritual baik sebagai hiburan maupun terkaitan dengan kekuatan magis-religius dari ritual bersangkutan. Upacara memanggil Musim Hujan segera tiba saat mengalami kemarau panjang adalah salah satu contoh dimana seni topeng ini ditampilkan.

Ilustrasi yang ditampilkan di sini hanyalah sebuah improvisasi Gundala-gundala dalam bentuk sosok super hero. dalam rangka upaya membangkitkan kembali perhatian terhadap budaya tradisional Karo melalui seni digital painting. Dengan cara ini diharapkan seni tradisional Karo bisa meluas ke berbagai hal yang merangsang kreatitivitas generasi muda, khususnya para remaja dan pemuda Karo.

gundala 6Di dalam hasil karya ini, saya menggabungkan 2 konsep yakni; 1. Gundala-gundala yang dikenal dalam dunia Cergam (cerita bergambar) atau sering juga disebut komik dalam bahasa Indonesia dan 2. Gundala-gundala dalam seni pertunjukan tradisional Karo.

Pada diri Gundala-gundala ini, saya sisipkan beberapa ornamen Karo seperti pengeret-ret, tapak Raja Sulaiman dan juga salah satu piso dari Taneh karo yang bernama tumbuk lada.

Mari kita berimprovisasi untuk membangkitkan budaya kita. Selamatkan budaya kita. karena budaya itu adalah saksi bisu daerah kita. Mejuah-juah!

Leave a Reply