Kerja Tahun Nimpa Bunga Benih Nangbelawan

0
293

rikwan sinulinggaRIKWAN SINULINGGA. NANGBELAWAN. Kerja Tahun (Pesta Tahunan) Desa Nangbelawan (Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Kaaro)  yang di laksanakan pada tangal 13-14 Oktober 2015 berjalan meriah.

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya. Biasanya Pesta Tahunan ini dilaksanakan bersamaan dengan desa-desa sekitarnya seperti Desa Lingga dan Desa Kacaribu serta beberapa desa lainnya. Namun, kali ini, Desa Nangbelawan melaksanakan pesta tahunan tunggal sehingga tamu-tamu yang datang dalam perayaan ini cukup padat. Ini terlihat sepanjang jalan desa dipenuhi deretan mobil yang parkir bahkan pada malam tanggal 13 Oktober 2015 mobil tidak lagi bisa keluar masuk.

nangbelawan 4
Penanmpilan musik ketteng-ketteng

Selain itu, balai desa (losd) penuh sesak penonton saat berlangsungnya hiburan Gendang Guro-guro Aron Karang Taruna. Acara dimeriahkan oleh pasangan perkolong-kolong Keleng Barus dan Anita Br Sembiring yang cukup mengocok perut penonton dengan celotehnya, ditambah Sinar Ginting dan group musik tradisional Karo yang tampil dengan alat musik gitar dipadukan dengan keteng-keteng, balobat dan lainnya.

Ini sesuatu yang baru dan perlu dikembangkan di Taneh Karo untuk ditampilkan di setiap pesta tahunan sebagai ajang kreativitas bagi muda mudi Karo.

Hiburan juga turut dimeriahkan oleh Sudarto Sitepu yang juga mantan anggota DPRD Propinsi Sumut dari PDIP yang sekarang ikut mencalonkan diri melalui partai PDIP & Golkar menjadi Calon Bupati Karo periode 2015-2020. Dia menyumbangkan 2 buah lagu untuk menghibur para penonton yang memadati Jambur Desa Nangbelawan ini.

nangbelawan 5
Suasana di rumah saat mempersiapkan penganan tradisional Karo yang bernama cimpa.

Kerja Tahun merupakan budaya perayaan tradisional di Taneh Karo yang dilaksanakan oleh seluruh warga desa secara bersama sebagai ungkapan rasa syukur atas penyertaan Tuhan terhadap kehidupan seluruh warga desa. Acara ini merupakan acara silaturahmi antar hubungan kekerabatan dan kekeluargaan dan semua keluarga akan datang saling berkunjung termasuk keluarga yang dari luar desa. Bahkan warga yang merantau juga akan menyempatkan hadir dalam acara kerja tahun ini.

Selamat Kerja Tahun kepada warga Desa Nangbelawan. “Mbuah page nisuan, merih manuk niasuh janah mejuah-juah kita kerina“.


Leave a Reply