BI Kenalkan Pertanian Bawang ke Lereng Sinabung

0
211

foto nggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Bencana erupsi Gunung Sinabung sempat membuat aktifitas warga petani di lereng gunung ini terpuruk karena tanaman petani mengalami kerusakan akibat dampak debu vulkaniknya. Untuk kembali mengairahkan pertanian di lereng Sinabung, Bank Indonesia dan Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Utara memperkenalkan kepada petani dan membudidayakan tanaman bawang merah yang aman dari ancaman debu vulkanik.

Ini dimaksudkan untuk menumbuhan perekonomian warga.

Erupsi Gunung Sinabung yang berkepanjangan sempat membuat perekonomian warga yang berada di lereng Gunungapi Sinabung terpuruk. Tanaman di lahan pertanain warga kerap mengalami kerusakan akibat diterpa debu vulkanik dari erupsi Gunung Sinabung yang masih terus saja terjadi secara berulang-ulang.

“Hendaknya tanaman bawang ini bisa mengairahkan perekonomian warga lereng Sinabung yang sempat mengalami keterpurukan,” kata Bupati Karo Terkelin Brahmana SH di sela-sela panen perdana tanaman bawang di Desa Batukarang (Kecamatan Payung).

lereng 2Sementara itu pihak Bank Indonesia Cabang Sumut berharap, dengan adanya bantuan kepada warga lereng Sinabung yang telah melakukan budi daya tanaman baru di desa mereka, yaitu tanaman bawang merah, agar bisa meningkatakan produksi bawang merah di Sumatera Utara. Saat ini, produksi bawang merah masih dalam kategori kurang.

Diharapkan dengan adanya budidaya tanaman bawang merah ini kembali dapat mengairahkan perekonomian warga desa-desa lereng Gunungapi Sinabung yang saat ini masih kerap terkena dampak erupsi.


Leave a Reply