Kolom M.U. Ginting: Desa Tak Perlu Takut Pada KPK

0
179

M.U. Ginting 2Baguslah kalau KPK menyemangati para kepala desa supaya jangan takut menggunakan bantuan desa dalam memulai pembangunan yang dibutuhkan di desa-desa. Banyak sekarang ketakutan menjalankan proyek apa saja karena takut kepada KPK. Itulah negatifnya pengawasan KPK.

Diperlukan cara menghilangkan rasa ketakutan ini.

Ahok di Jakarta sudah bikin e-budgeting, dan juga transparan bagi semua. Ini apakah mungkin di pedesaan yang komputernya saja belum tentu ada, apalagi yang tak ada listriknya. Tetapi, ini pastilah bisa diatasi, oleh kementerian bersangkutan.

desa 4
Bejenk Ginting dan Salmen Kembaren dalam sebuah penampilan teater rakyat dari Sanggar Seni Sirulo di Kerja Tahun Limang (2011)

Memperkenalkan dan menghidupkan e-budgeting sekaligus di desa-desa Indonesia. Salah satu cara bagus ialah dengan mengerahkan mahasiswa-mahasiswa Perguruan Tinggi untuk turun ke desa-desa bikin jasa kepada rakyat dalam KKN (Kuliah Kerja Nyata). Di samping menggairahkan mahasiswa juga menggairahkan masyarakat desa memulai menangani keterbukaan dengan alat modern.

Kalau semuanya terbuka, tak ada juga alasan untuk takut. Semua melihat dan semua bertanggungjawab. Kepala desa tak sendirian mengontrol semua apa yang terjadi. Tak mungkin dia sendiri disalahkan karena semua yang lain juga melihat. Jadi, dengan keterbukaan tak ada alasan tak melaksanakan proyek desa dengan uang bantuan desa itu.

Leave a Reply