Kolom M.U. Ginting: Selamat untuk Persib Bandung

0
108

M.U. Ginting 2Setelah selesai pertandingan piala presiden Persib-Sriwijaya dengan 2-0 untuk Persib, terlihat fans Persib pulang teratur dan merayakan kemenangan di Bandung dengan meriah tanpa insiden. Presiden Jokowi langsung mengucapkan selamat kepada Persib dan mengharapkan bahwa olah raga bisa jadi jalan ’mempersatukan’ selain olah raga adalah menyehatkan badan dan pikiran manusia.

 Sepak bola terutama bisa jadi hiburan bagi famili dan anak-anak. Tetapi karena selama ini sepak bola sudah dikuasai oleh fans masing-masing dan selalu berkelahi saja,  maka kehadiran famili dan anak-anak sudah jarang. Publik jadi kuwatir saja apa yang akan terjadi kalau masing-masing fans pada berkelahi dikota maupun di stadion.

persib 2
Mensyukuri kemenangan

Kekuatiran dan fenomena ini sudah merata di seluruh dunia, sehingga sepak bola berubah fungsi sebagai mata pencaharian atau cari untung semata-mata bagi bagi pemilik klub  dan tempat ’hiburan’ anggar jago bagi fans masing-masing.

Sering juga timbul pemikiran, apakah kalau sepak bola berjalan damai dan jadi hiburan bagi publik akan mengganggu uang masuk bagi pemilik klub? Atau bagi organisasi sepak bola internasional? Menarik juga untuk dianalisa dari segi duit ini.

Leave a Reply