Longsor Tebing Lau Lisang. Akibatnya 3 Kede dan 1 Rumah Terbakar

0
245

darul kamal 5DARUL KAMAL LINGGA GAYO. TIGABINANGA. Terjadi sebuah bencana longsor hari ini [Minggu 18/10: Pkl. 20.30 Wib] di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsu) yang menghubungkan Sumatera Utara dengan NAD, tepatnya di Lau Lisang yang berada diantara Tigabinanga (Kabupaten Karo) dengan Kutacane (Kabupaten Aceh Tenggara).

Lau Lisang adalah nama sebuah sungai dan sekaligus nama sebuah lokasi pemberhentian kenderaan jarak jauh yang datang dari dan menuju ke Kutacane melalui Tigabinanga. Di sini terdapat beberapa warung makan dan minum serta sekalian tempat pemandian di Sungai Lau Lisang, tidak jauh dari jembatan penyeberangan Sungai Lau Lisang.

Tak jauh dari jembatan itu, ada tebing tinggi yang terjal, sebelah kanan bila kita datang dari arah Tigabinanga menuju Kutacane. Tebing itulah yang mengalami longsor. Kebetulan pula ada 3 mobil sedang melintas perlahan karena pada bagian itu jalan rusak. Lalu, tanah longsor pun menerpa ketiga mobil.

lau lisang 1
Foto-foto memperlihatkan banyak kenderaan terhenti di Tigabinanga menunggu selesainya evakuasi tanah longsor di Lau Lisang. Foto dijepret dini hari [Senin 19/10: Pkl. 01.00 Wib].

Menurut penuturan seorang saksi mata, satu diantara 3 mobil itu tertimbun sepenuhnya oleh tanah longsong, sedangkan satu lainnya yang sebuah mini bustertimbun separuhnya. Gawatnya pula, satu lainnya yang mobil Avanza terdorong oleh longsoran tanah hingga menabrak 3 pintu kede dan 1 rumah tempat tinggal milik Sukat Lisang.

Naas bagi ketiga kede dan rumah tempat tinggal itu, mobil terbakar setelah menabraknya dan kede beserta rumahpun ikut musnah terbakar.

Hingga berita ini dinaikkan belum diketahui ada tidaknya korban jiwa maupun korban luka. Sekitar sejam yang lalu Basarnas dan mobil pemadan kebakaran telah tiba di tempat kejadian untuk melakukan evakuasi.

Amatan Sora Sirulo di lapangan, mobil penumpang dan pribadi yang hendak menuju Kutacane atau kampung-kampung di seberang Lau Lisang sengaja ditahan di Tigabinanga menunggu evakuasi selesai.

Leave a Reply