Mengelola Dana Desa

0
148

Oleh: Daud S. Sitepu (Papua)

 

daud sitepuSeharusnya tak perlu takut menggunakan dana desa bagi Pak Kades dan jajarannya, sepanjang dipergunakan untuk rakyat dan tidak ada mark up harga untuk kepentingan tertentu. Tapi, di sisiĀ lain, sudah menjadi momok mengerikan bagi aparat desa jika saja suatu hari nanti membawa mala petaka mendapat tuduhan korupsi.

Memang KPK tidak sampai ke desa-desa memeriksa. Namun, prinsipnya, jangan ada yang mengkorupsi. Hal ini berdampak kepada lambatnya penggunaan dana desa karena kekhawatiran terhadap penggunaannya dan penuh kehati-hatian. Dan, harus jelas pula penggunaannya serta tertulis dengan RAB supaya dapat dengan mudah dipertanggungjawabkan kelak.

desa 5Point penting implementasi dana desa adalah mensejahterakan mayarakat desa, menekan inflasi dengan adanya kegiatan pembangunan di desa, bisa juga sebagai modal dalam pengembangan pedesaan, penyuluhan pertanian, pengembangan potensi desa, dan lain-lain.

Selama ini, dalam semangat otonomi, lebih banyak hanya menyentuh kabupaten dan kota. Dengan program Jokowi ini, dengan bantuan tunai langsung ke desa, diharapkan terjadi peningkatan kualitas masyarakat di desa dengan segala program yang dicanangkan sesuai dana yang ada. Setiap tahun dievaluasi dan ditambah sehingga pembangunan desa dapat lebih berkesinambungan.

Leave a Reply