Hujan Lebat Landa Medan, Ribuan Rumah Terendam Banjir

0
149

Supir KPUM 23 Sukses Perawani Pacar di Malam Tahun BaruIMANUEL SITEPU. MEDAN. Hujan deras yang melanda Kota Medan kemarin lusa [Minggu 18/10] membuat sebagian besar wilayah Kota Medan tergenang air. Dikabarkan, ribuan rumah dan tempat ibadah serta sekolah terendam banjir.

Data diperoleh Sora Sirulo, lokasi banjir terjadi di Kota Medan (Kecamatan Medan Tuntungan dan Kecamatan Medan Johor)  serta Kabupaten Deliserdang Kecamatan Delitua dan sebagian Kecamatan Pancurbatu). Banjir cukup parah terjadi di Jl.n Luku 1, Kelurahan Kwala Bekala (Kecamatan Medan Johor).

Meski tidak memakan korban jiwa, namun ratusan rumah warga yang jaraknya berdekatan dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Lau Burah hampir seluruhnya terendam banjir kiriman.

banjir 6“Banjir terjadi mulai sekitar Pkl. 02.00 wib dini hari, bang. Saat warga di sini lagi terlelap tidur,” kata N. Ginting (38) salah satu warga di Kelurahan Kwala Bekala.

Menurut Ginting, ketinggian air mulai dari kedalaman 30 centimeter hingga 1,5 meter. Ini membuat sebagian rumah tergenang rata-rata setinggi jendela. Akibatnya, sebagian warga memilih mengungsi ke tempat jiran dan sanak keluarga yang rumahnya lebih tinggi dan sejumlah rumah ibadah terdekat.

Camat Medan Johor, Kohirudin Rangkuti SSos ketika dikonfirmasi wartawan menjelaskan pihaknya telah melakukan evakuasi dan memfasilitasi para korban.

“Ada sekira 515 kepala keluarga yang rumahnya terendam banjir. Kita telah membuka Posko Kesehatan dan 4 Dapur Umum,” kata Rangkuti.


Leave a Reply