Ekowisata Bukit Manja

0
373

Esra BarusESRA BARUS. BALIGE. Jalur Ekowisata Bukit Manja dikelola oleh Taman Eden 100, terletak di Desa Lumban Rang (Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba Samosir). Jarak tempuh dari Medan adalah sekitar 185 Km. Dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum KBT, Toba Tao Indah.

Potensi utama pada Bukit Manja adalah pemandangan Danau Toba dan dataran Kabupaten Toba Samosir dari ketinggian 1772 Mdpl. Perjalanan mendaki selama 2,5 jam akan memberikan kesan menantang bagi wisatawan. Sepanjang jalur wisata ditemukan potensi flora seperti Kantong Semar, Jenis Anggrek dan tumbuhan merambat.

bukit manja 2Terdapat 2 lokasi yang dapat dibuat menjadi camping ground, yaitu di 200 meter sebelum puncak dan di puncak Bukit Manja. Lokasi camping ground di puncak dapat menampung 3 buah tenda masing-masing ukuran 5 orang. Pengamatan terhadap objek-objek alam pada jalur ini menemukan potensi alam berupa pemandangan Danau Toba dari ketinggian, pegunungan bukit barisan, dan Pulau samosir.

Jalur Pendakian Bukit Manja memiliki topografi yang landai dan sangat curam dengan kelerengan mencapai 85o. Tutupan lahan pada 500 meter jalur adalah hutan pinus yang memiliki sedikit tumbuhan bawah. Tumbuhan yang dapat tumbuh ditegakan tersebut adalah paku tiang dan anggrek hutan. Belum ada tanda penunjuk arah di sepanjang jalur sehingga dapat menyulitkan pendaki dalam melakukan pendakian.

bukit manja 3Variasi vegetasi pada ketinggian 1.500 sampai 1.700 mdpl semakin berkurang, Perdu dan semak mendominasi pada ketinggian tersebut. Pada puncak Bukit Manja terdapat lapangan kecil yang tidak ditumbuhi oleh tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai camping ground. Diperlukan alat bantu berupa tali di jalur pendakian untuk menjaga keselamatan pendaki agar tidak terpeleset karena jalur yang licin dan sangat curam. Kebersihan dan keaslian dari jalur Bukit Manja masih terjaga karena belum ada pemanfaatan terhadap tumbuhan dan satwa di sepanjang jalur.

Pada 200 meter perjalanan menuju puncak, terdapat lokasi camping ground untuk mendirikan 1 tenda berukuran 4 orang. Di tempat tersebut dapat buat api unggun karena lahan yang terbuka. Dari lokasi tersebut pemandangan Danau Toba dan Bukit Barisan akan terlihat dengan jelas. Jarak yang dekat dari puncak membuat wisatawan sering beristirahat di lokasi tersebut untuk melepas lelah.

Tumbuhan yang dapat dijumpai di sepanjang jalur adalah Tahul-tahul (Nephentes reinwardtiana), Hare-hare (Asplenium phyllitidis), Tandiang Polystichum setiferum, dan lain-lain.

bukit manja 4

 

Ditemukan jejak satwa berupa kotoran kambing hutan, bekas jejak babi hutan, dan sarang burung. Pada jalur tersebut ditemukan monyet ekor panjang namun tidak didokumentasikan karena letak yang jauh dari pengamat. Hutan yang masih terjaga dengan baik menjadi habitat yang bagus untuk fauna.

bukit manja 5Burung pelatuk adalah burung yang berada di dalam hutan yang memiliki kerapatan tinggi. Pergerakan burung ini juga sangat cepat membuat pengambilan gambar terhadap burung ini sulit untuk dilakukan.

Leave a Reply