Deli Hulu Diselimuti Asap Tebal. Belum Ada Bantuan Masker

0
163

Supir KPUM 23 Sukses Perawani Pacar di Malam Tahun BaruIMANUEL SITEPU. BIRU-BIRU. Kabut asap kiriman kian tebal menyelimuti kawasan bagian Kabupaten Deliserdang atau disebut juga Deli Hulu. Di sini, jarak pandang hanya sekitar 30 meter. Karena itu, sebagian anggota masyarakat enggan keluar rumah karena khawatir terkena penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut).


Mirisnya, meski polusi asap telah berlangsung sebulan lebih, Muspika Kecamatan Biru-biru maupun dari Puskesmas setempat belum pernah membagikan masker kepada masyarakat guna menghindari efek yang ditimbulkan kabut asap tersebut, seperti halnya gangguan pernafasan atau penyakit lainnya.

asap medan 3“Kabut asap paling tebal terjadi hari ini. Namun, sangat disayangkan, hingga saat ini, Muspika Kecamatan Biru-biru atau instansi terkait, belum ada memberi himbauan dan juga membagikan masker kepada warga,” terang salah satu warga Desa Penen (Kecamatan Biru-biru) kepada Sora Sirulo di Penen [Sabtu 24/10].

Kisah lain kita dengan dari Jesaya Tarigan (45), Gapeh Ginting (37) dan Lolok Tarigan (35). Akibat dampak dari kabut asap tebal, ketiga laki-laki Karo ini tidak dapat beraktivitas seperti biasa. Mereka mengkhawatirkan kesehatan mereka bila keluar rumah.

“Lebih baik mencegah daripada mengobati. Kalau keluar rumah, mata jadi perih. Kita juga khawatir terserang batuk dan pilek,” kata warga yang bermukim di bagian hulu Deliserdang ini, seraya berharap agar Bupati Ashari Tambunan segera mengantisipasinya.

Leave a Reply