Kolom Wijayanto W. Aji: Daripada Protes Atau Demo, Mari Tuntaskan Asap Bersama Jokowi (3)

0
135

KORPORASI PENERIMA KONSESI HUTAN

Sudah tidak eranya lagi korporasi lepas tanggungjawab terhadap kebakaran hutan yang telah dibuatnya di era rezim partisipatoris Jokowi. Saatnya korporasi penerima konsesi turut serta menuntaskan kabut asap melalui program Corporate Sosial Responsibelity (CSR) untuk menyediakan supply masker dan oksigen untuk warga daerah sekitar konsesi agar bisa bertahan di tengah asap.

Mengirimkan ribuan  personil dan tangki air untuk turut serta bersama pemerintah pusat memadamkan kabut asap di daerah konsesi yang dia punya, yang mencapai puluhan hektar dan daerah sekitar konsesi yang terdampak kebakaran lahan gambut. Dan juga menyediakan sumur resapan serta kanal sekat permanen yang teraliri air dari laut untuk menyediakan supply air serta meredam kebakaran secara massif.

Ditambah lagi melalui program CSR nya berinisiatif menyediakan gedung yang dimodifikasi untuk evakuasi anak-anak dan warga yang tidak kuat lagi terpapar kabut asap.

MASYARAKAT, TOKOH DAN PEMUDA INDONESIA

Daripada energi kalian dihabiskan untuk mengkritik, berdemo dan hal-hal tidak produktif yang cenderung memperkeruh suasana soal kabut asap, mending ekspresikan energi kalian untuk membantu Jokowi menuntaskan soal asap.

pemadaman 11

 

Melalui peran partisipatoris mari gerakkan komunitas anda untuk action membantu rakyat yang terpapar asap; misalnya melakukan sholat Istiqo bersama-sama dengan seluruh komunitas anda, melakukan gerakan menggalang dana untuk pembelian masker atau oksigen kecil dalam jumlah banyak untuk membantu mereka.

Bahkan, kalau perlu, menggerakan komunitas anda untuk menghimpun jadi relawan pemadam asap dengan berangkat terkoordinir.

LSM, AKTIVIS LINGKUNGAN DAN ILMUWAN

Sudah tidak saatnya lagi para aktivis lingkungan dan LSM lingkungan hanya menampilkan data tentang kebakaran hutan. Sudah harus dimulai paradigm terjun langsung ke kawasan kabut asap untuk melakukan aksi-aksi riil yang dapat dirasakan masyarakat sebagai pecinta lingkungan atau kalau perlu turut serta memadamkan kabut asap bersama TNI dan Polri.

pemadaman 12Aktivis lingkungan juga harus memprakarsai gerakan perlindungan warga yang terpapar asap melalui penyediaan gedung evakuasi dengan mengkoordinasikan seluruh stakeholder dalam gerakan bersama .Untuk ilmuwan sudah saatnya melakukan kajian kajian penanggulangan kebakaran lahan gambut secara permanen sehingga kebakaran hutan tidak berulang sampe 10 tahun ini dan juga cari solusi tentang kajian meredam lahan gambut secara permanen sehingga api atau asap tidak muncul lagi

Keyika upaya masing masing stakeholder dijalankan, bangsa ini akan lebih produktif dalam menyelesaikan setiap masalah bangsa secara gotong royong dan partisipatoris. Beban tidak hanya bertumpu pada pemerintah pusat terutama Kabinet Jokowi supaya Jokowi bisa menuntaskan masalah-masalah lain yang lebih besar lagi menyangkut kesejahteraan masyarakat secara luas. Produktifitas kemajuan bangsa melalui nawacita Jokowi nya.

Semoga melalui tulisan ini kita terbuka cakrawalanya menyikapi setiap keadaan yang bukan hanya menonjolkan kritik serta protes saja tapi aksi riil yang bisa dirasakan bersama.

HABIS

*) Penulis adalah Direktur Eksekutif CENTER STUDY REPUBLIC ENLIGHTMENT FOR PROGESSIF MOVEMENT dan Pengamat Sosial Politik tinggal di Jawa Tengah


Leave a Reply