Kolom M.U. Ginting: INSIGHT

0
120

M.U. Ginting 2“Tujuan hidup untuk terus lebih berarti bagi orang lain, tentu itu sangat mulia. Saya yakin akan hal itu,” kata Joni H. Tarigan.

Semakin jauh dan semakin lebih mendalam saya lihat Joni H. Tarigan menambah insight kehidupan ini. Saya jadi teringat juga perbandingannya dengan filsafat hidup Buddhisme yang selalu dengan aktif mencari kebenaran baru menuju cahaya dan pengetahuan yang lebih dalam (insight).

Kalimat Joni H. Tarigan di atas sangat sesuai dengan, atau itulah mungkin dasarnya, yaitu filsafat hidup Karo; sikuningen radu megersing, siagengen radu mbiring atau filsafat win win solution dalam istilah abad sekarang.

insight 2
Taman Kota Leiderdorp (Nederland). Foto: Juara R. Ginting.

Tentu ada juga suku bangsa atau nation lain yang bersikap sebaliknya seperti yang menganggap ‘hidup adalah perlombaan’. Tetapi itulah ragam manusia atau kelompok manusia, cara pikir dan kharakter grup manusia yang sudah secara ilmiah diselidiki ditentukan oleh genetik/ DNA masing-masing individu atau grup manusia.

Karena itu, tak boleh juga kita tak menghiraukan atau menganggap tak ada perbedaan itu, karena ini adalah fakta, kenyataan hidup di depan mata dan di depan kehidupan kita yang berprinsip ‘sikuningen radu megersing siagengen radu mbiring‘. Dua pandangan ini menimbulkan kontradiksi, yang bisa mematikan, atau juga bisa membikin perubahan, pembaruan dan kemajuan dengan melihat, mempelajari dan mencari solusi win win tadi.

Leave a Reply