Lau Seruai Meluap, Pemandian Sibiru-biru dan Casanova Luluh Lantak

1
265

Supir KPUM 23 Sukses Perawani Pacar di Malam Tahun BaruIMANUEL SITEPU. BIRU-BIRU. Sungai yang biasa disebut dalam bahasa Karo Lau Seruai mengalami meluap hebat kemarin sore [Jumat 30/10: sekira 18.00 wib] sehingga menimbulkan banjir bandang yang menerpa lokasi wisata pemandian Sibiru-biru dan Casanova (Kecamatan Biru-biru).

Air bercampur lumpur meluap hingga mencapai ketinggian sekira 5 meter.

Hingga saat ini, belum ada dilaporkan adanya korban jiwa. Namun, kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta. Pasalnya, ribuan gubuk dan pondok serta warung milih warga yang berada di pinggir sungai hanyut terbawa arus.

seruai 2“Tiba-tiba saja banjir datang dari hulu sungai. Padahal di sini hujannya hanya sebentar. Ini banjir kiriman dari gunung, bang. Mungkin di hulu sungai hujan deras,” kata Sana beru Sembiring, salah satu warga.

Lau Seruai atau disebut juga Serué oleh orang Karo berhulu di sekitar daerah Cingkam, dekat Bandarbaru (Kecamatan Sibolangit), membelah Urung Senembah dengan Urung Sukapiring di Dataran Karo Hilir (Karo Jahe).

Menurut warga, Lau Seruai yang selama ini dimanfaatkan sebagai lokasi wisata, khususnya pemandian alam, baru pertama kali ini meluap sebesar itu.

 

“Sepengetahuan saya, baru kali ini banjir terbesar. Untung saja lokasi pemandian tidak ada yang mandi. Kalau saja ada, tidak mungkin terselamatkan. Lihat saja, pondok dan warung milik warga hanya tinggal sedikit yang tersisa,” tambah warga lainnya.

Camat Biru-biru Syafii Sihombing ketika dikonfirmasi membenarkan insiden tersebut.

“Kalo korban jiwa belum ada laporan. Kerugian juga belum bisa ditaksir. Saya lagi di jalan melihat lokasi,” katanya.

   

1 COMMENT

Leave a Reply