Petani Tanjungsari (Medan) Butuh Perhatian

0
139

tanjungsariS. PANJI. MEDAN. Program pemerintah dalam meningkatkan swasembada pangan menjadi prioritas. Berbagai upaya dilakukan untuk menggenjot swasembada pangan. Untuk mencapai target kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani 3 tahun ke depan, Kementerian Pertanian melakukan akselerasi dengan cara perbaikan irigasi, distribusi bibit, distribusi pupuk, dan pengadaan alat pertanian.


Namun demikian, masih ada saja ditemukan masalah yang yang seharusnya tidak boleh terjadi, seperti kurangnya perhatian dari pihak pemerintahan terkait khususnya Dinas Pertanian Kota Medan yang dinilai oleh para petani kurang responsif terhadap kendala yang dihadapi petani.

Masyarakat petani Kelurahan Tanjungsari (Medan Selayang) mengklaim, lahan pertanian di wilayahnya seluas kurang lebih 25 ha dengan luas lahan produktif tanaman padi mencapai 15 ha yang mana selama melakukan kegiatan sebagai petani lokal tidak menikmati sentuhan pemerintah; baik sarana maupun prasarana.

tanjungsari 2“Sungguh sangat miris jika dinilai dari sumber daya yang ada,” kata salah seorang petani, Indra (40) kepada wartawan di kantor Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Medan, Jl. Keramat Indah No 4 Selambo-Amplas, Medan [Selasa 27/10].

“Saya ke sini untuk menyampaikan keluhan dari kawan-kawan petani, dan sudah diterima oleh bidang penyuluhan yaitu ibu Hanum dan nantinya apa yang menjadi permasalahan dapat ditindak lanjuti,” ungkapnya.

Semoga apa yang menjadi program pemerintah dapat terujud bila saja antara petani dan pemerintah dapat bersinergi.

Leave a Reply