Benjolan di Leher? Jangan Langsung Panik

0
103

Oleh: Budianto Purba (Medan)

 

budianto purbaSebelumnya saya minta maaf gambar yang tidak bagus ini muncul di ‘wall’ teman-teman semua. Saya cuma mau berbagi informasi, siapa tahu berguna. Beberapa waktu yang lalu timbul benjolan di leher saya. Saya kemudian cari-cari info ke mbah google. Dari semua kemungkinan yang ada, disebutkan salah satunya adalah kanker getah bening.

Kanker getah bening??!!

Salah satu indikasi cocok dengan itu bahwa benjolan itu semula hanyalah sebuah titik kecil yang kemudian membesar dalam waktu lebih dari 5 bulan. Saya tidak bisa membayangkan apabila memang benar itu.

Namun, saya masih punya harapan bahwa benjolan itu bukan kanker getah bening karena gejala berikutnya tidak saya alami yaitu penurunan berat badan dan berkurangnya nafsu makan. Terhadap kedua hal itu saya malah benar-benar bermasalah. Saya ingin sekali mengurangi nafsu makan dan mengurangi berat badan. Tapi berat sekali ternyata.

Atas benjolan itu, ibu saya sebenarnya sudah menyarankan untuk pergi ke dokter. Tapi saya ragu. Bukan tidak percaya dengan dokter, namun saya bayangkan apabila nanti benjolan itu dipaksa pecah apakah tidak mengganggu ke syaraf-syaraf saya?

Akhirnya saya pasrah. Dalam hati, saya berpikir kalau itu memang kanker, ya sudahlah. Steve Jobs saja yang punya banyak uang yang kalau bisa berobat ke bulan pun bisa dia jalani, tapi kalah juga nya. Awak ini siapalah.

Namun, saya berharap, itu hanyalah sebuah bisul. Karena itu, saya terus menerus mengolesinya dengan obat bisul. Ternyata benar, benjolan itu kemudian pecah.

Proses pecahnya berlangsung selama 2 minggu. Selama itu, saya selalu bawa betadine, kapas, hansaplat, vitamin, dan obat demam karena badan saya meriang serta sedikit demam.

Oleh karena itu, jika timbul sesuatu yang tidak biasa pada tubuh kita jangan langsung panik. Bisa jadi kepanikan kita malah membuatnya menjadi lebih buruk. Perhatikan sekeliling kita, ambillah sesuatu yang positif dari mereka untuk menguatkan kita. Pada akhirnya, selalulah berserah kepada-Nya karena apapun yang mau Dia berikan kepada kita, tidak akan mampu kita menolaknya.

Leave a Reply