Pasar Malam Purmerend (Nederland), Wow …. Keren!

0
136

malam 2

 

malam 3LORETA KARO SEKALI. PURMEREND. Di Belanda, sering ada pasar malam dengan organisator/ panitia yang berbeda-beda. Para organisator umumnya tidak punya hubungan satu sama lainnya walaupun sama-sama menampilkan kekhasan Indonesia; baik di dalam hal kuliner, kerajinan tangan maupun seni pertunjukan.

Oleh karena itu, organisator Tong Tong Fair sempat menyebut acara mereka Pasar Malam Besar untuk membedakannya dengan pasar-pasar malam yang memang tidak sebesar yang mereka adakan setiap tahunnya. Belakangan, Tong Tong Fair tidak lagi menggunakan nama Pasar Malam Besar setelah Kedubes RI di Den Haag mengadakan sebuah pasar malam tandingan yang bernama Pasar Malam Indonesia.

malam 4Istilah Pasar Malam Indonesia konon karena ada anggapan bahwa pasar-pasar malam yang dilaksanakan di Belanda khususnya Pasar Malam Besar itu adalah untuk bisnis semata sedangkan kepentingan Indonesianya dinomorsekiankan.

Entah tuduhan itu benar entah tidak, yang jelas Pasar Malam yang dilaksanakan di  pusat perbelanjaan Makado di Kota Purmerend (Belanda) 2 hari berturut-turut (6 – 7 November 2015) sangat penting untuk keberadaan Indonesia di Belanda; terutama dalam bidang kuliner, kerajinan tangan (souvenir) dan seni pertunjukan.

Sebagaimana disaksikan oleh Sora Sirulo, di Pasar Malam Purmerend ini tersedia berbagai jenis makanan dan minuman Indonesia. Ada pertunjukan seni tari Jawa, Karo (Sumatera Utara) dan Hawaian di samping ada juga kesempatan menari Poco-poco.

malam 5Pasar Malam ini diorganisir oleh Nuansa Seni Indonesia yang juga secara tidak langsung terkait dengan restauran Indonesia yang ada di Pusat Perbelanjaan Purmerend bernama Putri Solo. Tuty Koolhaas adalah pengelola restauran ini dan sekaligus koordinator pelaksanaan Pasar Malam yang diadakan setiap tahun ini. Dia adalah seorang putri Jawa yang kawin dengan pria Belanda.

Beberapa orang Indonesia yang tergabung di dalam grup facebook Indonesian Living in Holland menyempatkan diri bertemu di acara ini dengan janjian sebelumnya. Selain menikmati pertunjukan-pertunjukan seni yang disuguhkan, mereka juga mengadakan pertemuan kecil sambil ngobrol ke sana ke mari di restauran Putri Solo yang menyediakan coffee gratis dan juga makan malam gratis kepada para member grup facebook ini.

Adapun orang-orang Belanda warga Purmerend sangat bersyukur adanya Pasar Malam ini. Sebagian diantara mereka yang pernah ke Indonesia mengaku mendapat kesempatan menikmati kuliner Indonesia yang mereka kenal sewaktu berliburan ke Indonesia. Beberapa warga Purmerend yang belum pernah ke Indonesia mengaku kepada Sora Sirulo tertarik untuk memilih Indonesia sebagai tujuan wisata mereka tahun depan.

Nah, mau tujuan bisnis atau apa, jelas sekali pasar malam ini sangat menguntungkan Indonesia sebagai sebuah negara, bukan?

Foto-foto oleh Johra Hoogendorn

Leave a Reply