Peringatan Hari Pahlawan di Kabanjahe

0
351

natanael milalapahlawan 1NATANAEL MILALA. KABANJAHE. Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang ke -70, Pemuda Panca Marga Kabupaten Karo mengadakan acara Tabur Bunga di Makam Pahlawan Kabanjahe. Dalam kesempatan itu, Ketua Pemuda Panca Marga Kabupaten Karo (Lia Hambali) mengatakan, ini merupakan bentuk penghargaan terhadap para pejuang. Oleh sebab itu, Lia berharap agar pemerintah bisa lebih memperhatikan para veteran yang ada di Kabupaten Karo.

Surbakti, salah seorang veteran, berharap agar ke depanya Pemerintah Kabupaten Karo lebih memperhatikan nasib para veteran yang dulunya rela mengorbankan nyawa demi Kemerdekaan RI.

Pada waktu bersamaan, berketepatan pula datang 2 Calon Bupati Karo yang kebetulan ziarah ke Makam Pahlawan yaitu Eben Eser Ginting dan Cuaca Bangun.

Dapat ditambahkan bahwa Makam Pahlawan Kabanjahe adalah satu diantara hanya dua Makam Pahlawan di Indonesia. Selebihnya adalah Taman Makam Pahlawan dan Taman Pahlawan. Taman Makam Pahlawan yang di Surabaya terkait dengan banyaknya pejuang dabn rakyat yang gugur dalam Peristiwa 10 November, sedangkan Taman Makam Pahlawan Kabanjahe banyak pejuang dan rakyat yang gugur pada serangan Belanda ke Dataran Tinggi Karo. Keduanya terangkum dalam upaya Belanda menduduki kembali Indonesia.

Seperti Makam Pahlawan Surabaya, Makam Pahlawan Kabanjahe adalah monumen abadi perlawanan rakyat Indonesia terhadap pendudukan kembali penjajahan Belanda.

 

Leave a Reply