Walikota Rotterdam: Ada Kesamaan antara ISIS dan Nazi Jerman

0
154

kristalnachLORETA KARO SEKALI. AMSTERDAM. Dalam kunjungannya ke kamp Westerbok bersama sekelompok pelajar, Walikota Rotterdam Ahmed Aboutaleb membandingkan Holocaust dengan kesadisan IS atau ISIS.

Meskipun ia mengatakan menyadari bahwa perbandingan ini tidak enak kedengarannya ia melihat kesamaan antara ISIS dengan Holocaust yang digunakan oleh Nazi Jerman dalam menghabisi orang-orang Jahudi.

”IS juga melakukan pembersihan etnis, Kristen, Syiah, Alevis, Yezidis dan Muslim moderat,” kata Aboutaleb yang dianya sendiri jelas beragama Islam dan menjadi salah seorang tokoh Islam yang sangat dihormati baik di Belanda maupun di dunia internasional.

Pernyataan Aboutaleb itu dia ucapkan saat peringatan peristiwa Kristallnacht di Sinagog Portugis di Amsterdam kemarin malam [Senin 9/11]. Di tengah malam diantara tanggal 9 dengan 10 November 1938, terjadi ledakan keras di tempat ibadah agama Jahudi ini. Ledakan ini menjadi awal dari penganiayaan terhadap orang-orang Yahudi selama Perang Dunia II.

”Memang tidak dengan ‘mesin neraka’ seperti yang dilakukan oleh Nazi Jerman (yang memasukkan orang-orang Jahudi ke kamar gas untuk dibunuh, red.), tetapi dengan 40.000 tentara liar. Apa akibatnya? Kita lihat sendiri begitu banyaknya pengungsi datang ke negara kita untuk mencari tempat tinggal aman karena ketakutan terhadap pembataian yang dilakukan oleh ISIS,” kata Aboutaleb.

Leave a Reply