Lau Burah Meluap, Puluhan Rumah Diterjang Banjir

0
181

Supir KPUM 23 Sukses Perawani Pacar di Malam Tahun BaruIMANUEL SITEPU. NAMORAMBE. Puluhan rumah warga yang terletak di Jl. Kowilhan, Desa Batu Penjemuren (Kecamatan Namorambe) diterjang banjir [Rabu 11/11: Malam). Akibatnya, ratusan warga terpaksa mengungsi akibat rumah mereka penuh dengan air bercampur lumpur. Sebagian rumah bahkan mengalami kerusakan cukup parah, akibat dindingnya jebol diterjang air.

Menurut data yang diperoleh Sora Sirulo, sejumlah pemukiman warga yang mengalami  kerusakan parah terdapat di pinggiran bantaran Lau Burah (sebutan dalam bahasa Karo yang dalam bahasa Melayu/ Indonesia disebut Sungai Babura) dan Gang Madrasah.

banjir 7
Seorang warga datang melihat kondisi rumahnya setelah air surut.

Rumah Wadimun (55) ambruk dihantam banjir. Akibatnya, Wadimun dan warga lainya harus mengungsi ke rumah tetangganya, yang memiliki rumah agak tinggi. Menurut warga setempat, rumah Wadimun yang dihuni bersama istri dan seorang anaknya pernah jebol dihantam banjir bandang beberapa waktu lalu. Namun, atas hasil swadaya masyarakat sekitar, rumah Wadimun lalu dibetuli.

“Sayangnya, rumah Pak Wadimun kembali ambruk diterjang banjir,” kata Imanita (25) salah seorang warga kepada Sora Sirulo.

Menurut Imanita, saat air pertama meluap, sekira 30an rumah warga terendam banjir setinggi dada orang dewasa. Namun, katanya, pihak pemerintahan desa, camat, maupun pihak Polsek Namorambe belum ada turun meninjau lokasi.

“Padahal, airnya sempat meluap setinggi dada. Sehingga warga disini sempat panik untuk menyelamatkan barang-barang mereka ke rumah tetangga yang rumahnya agak tinggi dari permukaan air,” katanya.

Camat Namorambe, Surya Bangun Harahap ketika dikomfirmasi [Kamis 12/11: sekira 14.30 wib], mengaku sudah beada di lokasi. Namun kata Camat, tidak ada rumah rusak akibat banjir.

“Tidak ada rumah yang rusak diterjang banjir. Kita sudah arahkan warga untuk membersihkan air dari sampah untuk mencegah hal serupa,” kata Harahap.

Leave a Reply