Kolom Wijayanto W. Aji: Terbongkar, Cara Jonru Menyebarkan Berita Hoax/ Kontroversil Demi Uang

1
302

wijayanto 8Ternyata tidak hanya di Indonesia, bahkan di dunia pun sering menyebarkan berita Hoax melihat momentum yang ada. Cara-cara model kayak Jonru Ginting yang memanfaatkan situasi dengan menyebarkan berita kontroversial bahkan lebih keji dengan memlintir fakta demi meningkatkan kunjungan dan traffic di facebooknya atau webnya. Ujung-ujungnya, mengenalkan akunnya demi uang dengan sistem online maupun offline.

Teror Paris membuat semakin bingungnya pemerintah Perancis mengendalikan situasi dengan semakin gencarnya berita hoax dan kontroversial yang kadang tidak bisa dirunut kebenaran faktanya. Model cara Jonru Ginting telah mewabah di seluruh dunia, bahwa kepentingan menyebarkan berita hoax untuk memanfaatkan momentum demi bertambahnya kunjungan di traffic akunnya yang pada ujungnya bisa digiring untuk memperoleh iklan dari GOOGLE ADSENSE.

paris 4
Sumber: http://www.wallbywall.fr/bom-k-a-brest-france/

Bahkan, karena seolah-olah pengunjungnya banyak dapat dimanfaatkan untuk menjual produk, bikin buku untuk dijual lewat akunnya, sok jadi fundraiser demi dapat uang dari pengunjung akunnya. Bisa meniru Jonru Ginting memanfaatkan situasi dengan jadi pembicara secara offline demi memanfaatkan situasi di atas kontroversi membusukkan orang lain. Kalau pepatahnya: “Menari riang gembira di atas penderitaan orang lain.”

Fenomena kayak Jonru Ginting sekarang sudah mendunia dengan memanfaatkan momentum “Teror Paris”. Untuk model Indonesia, cara JONRUISME telah ditiru netizen muda yang lagi belajar internet dengan cara bikin akun website yang isinya menyebarkan berita bohong, hoax. Bahkan lebih kejam lagi, memlintir fakta demi sebuah rasa penasaran publik yang ujungnya trafficnya meningkat biar dapat dilirik pengiklan di online, yang ujungnya, dapat duit gede.

Sebenarnya, cara cara seperti inilah yang dapat memperkeruh situasi bahkan bisa lebih dahsyat imbas negatifnya terhadap kondusifitas kenyamanan di dunia nyata bahkan bisa melebihi dahsyatnya “Teror ISIS” ,”Teror AL Qaidah ” bahkan “Teror Paris” sekalipun karena yang diserang brainwash dalam mastermind di otak bawah sadar yang ujungnya dapat memperkeruh suasana.

Sementara orang-orang yang mencoba membuat strategi ala “Jonruisme ” semakin gembira di atas penderitaan orang lain dengan bertambahnya traffic kunjungan yang ujungnya pundi-pundi uang dompetnya bertambah banyak.

Maka, melalui tulisan ini, kami menghimbau; daripada kalian memanfaatkan potensi kalian dengan cara-cara tidak benar dan dapat memperkeruh suasana lebih baik gunakan cara-cara yang beradab dalam mengeplorasi potensi kalian yang luar biasa di dunia maya.
‪#‎RefleksiKritisFenomenaJONRUISME
‪#‎BerdayakanPotensimuDenganCaraBeradab

1 COMMENT

  1. Sayang tulisan ini hanya ngomong soal kebohongan, tetapi tak menunjukkan satupun dari bohong Jonru atau hoaxnya. Sungguh indah dan aka diskusi bagus kalau ditulis juga berapa duitnya tambah dari kebohongan itu. Tanpa fakta tertulis tak mungkin ‘kontradiksi jadi tenaga penggerak perubahan’, tak mungkin jadi pencerahan yang bikin harapan.
    MUG

Leave a Reply