Erupsi Sinabung Kemarin Tidak Kebetulan. Ingat, Status Sinabung Masih Awas (Level 4)

0
155

foto ngguntursinabung 40NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Sinabung kembali mengalami erupsi dari pagi hingga siang hari kemarin [Selasa 12/11]. Erupsi kali ini tergolong besar dan tidak sendirian. Pihak petugas pengamatan Gunungapi Sinabung mengamati erupsi ini sudah terjadi hingga belasan kali dari pukul 00:00 wib hingga menjelang siang.

Gunung yang masih berstatus Awas (Level 4) menjelang siang hari kemarin mengalami erupsi dengan semburan debu vulkanik terlihat membumbung tinggi. Diperkirakan mencapai kurang lebih 3.000 meter dari kawahnya. Selain itu, awan panas guguran yang meluncur ke arah Selatan dan Tenggara teramati hingga kurang lebih 4.000 meter sampai dengan 4.500 meter.

Pihak Badan Vulkanologi PVMBG Posko Pengamatan Gunungapi Sinabung mengamati adanya peningkatan kegempaan kembali pada Gunungapi Sinabung sinabung 42dalam beberapa hari belakangan ini. Ini membuatnya kembali kerap mengalami erupsi. Pada Pukul 00: 00 Selasa dini hari hingga Selasa pagi kemarin, Sinabung tercatat sudah mengalami erupsi kurang lebih belasan kali.

Saat ini, pihak PVMBG kembali memberi peringatan keras kepada warga agar jangan memasuki Zona Bahaya Gunung Sinabung yaitu Radius 5 km yang sudah direkomendasikan oleh pihak PVMBG.

Ingat, sejak Juni 2015, PVMBG telah menaikkan status Sinabung menjadi Awas (Level 4).

Leave a Reply