Mecu Ginting di Stasion Kereta Harry Potter

1
123

Harry PotterLORETA KARO SEKALI. LONDON. Ingat film-film Harry Potter? Kalau ingat film-filmnya tentu ingat juga stasiun kereta api tempat Harry Potter berangkat dari rumah Oom Herman dan Tante Petunia ke Hoghwarts tempatnya menuntut ilmu. Stasiun itu bernama King’s Cross. Harry Potter biasanya mengambil kereta dari Platform 9 3/4.

Beberapa hari lalu, Mecu Ginting yang kini menempuh studi di Cambridge University bepergian ke London dan kebetulan berangkat ke suatu tempat dengan menumpang kereta lewat Stasiun King’s Cross ini.

Setelah menyelesaikan studi hingga jenjang BA di Universitas Uttrecht (Belanda) dan jenjang MA di Universitas Tilburg (Belanda) dengan nilai Cumlaude, Mecu mendapat beasiswa dari berbagai penyandang dana untuk sebuah studi jenjang MPhil di Universitas Cambridge (Inggris).

Sejak kecil dia tertarik membaca novel-novel Harry Potter karya J.K. Rowling dalam versi English. Pengalamannya sebagai putri seorang Karo merga Ginting membuatnya sangat termotivasi menuntut ilmu setinggi-tingginya, Kedekatannya dengan sang ayah, yang menjadikan ilmu pengetahuan sebagai hobbinya (di samping menggeluti dunia media dan seni panggung), sangat mendorong Mecu untuk mengkoordinir sekelompok mahasiswa menjadi sukarelawan. Dia mengkoordinir kelompok ini bekerja sebagai sukarelawan membacakan buku-buku cerita kepada anak-anak asing asal Maroko, Somalia, dan Ghana.

“Para ibu yang berasal dari ketiga negara itu umumnya berpendidikan rendah atau sama sekali tidak berpendidikan, sadangkan para ayah lebih banyak bekerja seharian di luar rumah. Tapi, para ibu itu sebenarnya sangat ingin anak-anak mereka bisa berpendidikan tinggi seperti orang-orang Belanda. Karena itu, meski mereka kebanyakan adalah muslim dan saya sendiri tidak muslim, mereka sangat senang menerima saya membimbing anak mereka membaca,” tutur Mecu kepada Sora Sirulo saat ditanya mengenai pengalamannya membimbing anak-anak asing.

Kecintaannya pada sastra anak pulalah yang membuat Cambridge University tertarik memberi kesempatan kepada Mecu melanjutkan studi di sana dan dengan segera pula mendorongnya untuk meneruskannya ke program Doktor (PhD).

1 COMMENT

Leave a Reply