Festival Danau Toba Telah Dibuka Oleh Menteri Pariwisata

0
151

B. KurniaB. KURNIA PARGAULAN P. KABANJAHE. Festival Danau Toba (FDT) ke 3 Tahun 2015 telah dibuka oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya hari ini [Kamis 19/11]  di Open Stage Pesta Taman Mejuah-juah, Berastagi. Festival ini digelar selama 4 hari [Kamis 19/11 – Minggu 22/11].

Festival Danau Toba menelan biaya total sebesar Rp. 2,6 Miliar ditampung di P-APBD Sumut tahun 2015, didukung Rp 1,4 Miliar dari APBN. Acara dibagi dalam 2 bentuk kegiatan. Masing-masing kegiatan lomba bernuansa olahraga yang dikelola oleh kementerian berbasis danau dan festival bernuansa seni budaya, seperti parade hias dan atraksi seni budaya, dirangkai dengan  penampilan budaya etnis dari Kalimantan Tengah.

festival danau toba 2
Foto: SADA ARIH SINULINGGA

“Selain lomba dan festival seni. Panitia pelaksana juga menggelar karnaval uis Karo, Toba, Simalungun, Dairi dan Pakpak. Disediakn 50 stand untuk pameran barang-produk pariwisata ekonomi kreatif kabupaten yang ada di Sumut. Adapun berbagai perlombaan yang digelar adalah lomba vokal solo, lomba paduan suara, lomba membuat logo Geo Park, lomba sepeda, lomba solu, seminar geo park, lomba renang, lomba Sado hias, Binaraga dan gundala-gundala serta pemberian penghargaan kepada pemerhati Geo Park berbasis lingkungan dari 7 Kabupaten/ Kota di Sumut,” papar Kadis Pariwisata Pemprovsu diwakili Muchlis didampingi Asisten 1 Administrasi Pemkab Karo drs. Suang Karo-karo, Kadis Pariwisata dan Budaya Kabupaten Karo drs. Dinasti Sitepu dan Sekretaris Panitia Ir. Nasib Sianturi saat menggelar konfrensi pers di ruang rapat Bupati Karo [Senin 15/11].

Khusus menyangkut kelancaran arus lalulintas selama kegiatan berlangsung, pihak panitia dan instansi terkait telah melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Kepolisian.

Termasuk rekayasa jalan dan kantong-kantong parkir sudah dipersiapkan secara matang untuk mengatasi kemacetan,” ujar Suang Karo-Karo.

Leave a Reply