Berita Foto: Lestarikan Kios Tarum Ijuk (Berastagi)

0
131

tarum ijuk

 

Fitri KaroFITRI KARO. BERASTAGI. Kios Tarum Ijuk yang secara harafiah berarti kios yang beratap ijuk telah ada sejak jaman kolonial. Dulunya berada di tepi jalan penghujung Kota Berastagi menuju Medan yang sekarang telah menjadi lokasi sebuah pompa bensin. Sekarang, dipindahkan ke lokasi Pasar Buah Berastagi.

Di masa setelah Kemerdekaan, Kios Tarum Ijuk adalah juga tempat berjualan buah-buahan, khususnya hasil panen Dataran Tinggi Karo seperti halnya jeruk, alpukat, biwa, kasemak, dan markisah. Beberapa post card lama masih menggunakan foto kios-kios ini sebagai ciri khas Kota Berastagi.

Demikian juga halnya setelah dipindahkan ke lokasi Pasar Buah yang sekarang. akan tetapi, sangat disayangkan, kini Tarum Ijuk tak terurus. Atapnya hendak ditumbuhi oleh rerumputan serta telah cedera di sana sini. Atap ini akan diganti dengan bahan seng.

Sadarkah mereka bahwa Kios Tarum Ijukpunya sejarah panjang dan merupakan nostalgia banyak orang Karo? Hendaknya bukan namanya saja kota wisata, tapi juga memikirkan bagaimana bangunan-bangunan yang di sana tetap mencirikan lokasinya kota wisata.

Leave a Reply