Kolom M.U. Ginting: Soal Freeport Semakin Ilmiah

0
202

M.U. Ginting 2Fahri terus membela Setya Novanto dengan menyerang balik Dirut PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin karena merekam pembicaraan dengan Setya Novanto. Secara hukum, merekam pembicaraan secara ilegal bisa dipidana.

“Kalau dalam Uundang-undang ITE adalah jelas, kalau merekam pembicaraan secara ilegal itu melanggar hukum. Hukumannya 10 tahun, dendanya Rp 800 juta,” pungkasnya sebagaimana diberitakan oleh Merdeka.com.

Menurut Fahri Hamzah yang merekam pembicaraan adalah Maroef Sjamsoeddin dan bisa dihukum ”10 tahun penjara dan denda Rp 800 juta”.

Yang positif bagi nation Indonesia ialah bahwa semua yang terjadi semakin terbuka dan semakin banyak yang maju ke atas meja. Dan dengan sendirinya juga PENGALIHAN ISU semakin jelas bagi publik. Artinya, soal yang hakiki adalah ilmiahperpanjangan kontrak Freeport adalah dasar utama yang menciptakan PENGALIHAN ISU yang semakin meluas dan mendalam. 

Sekarang, semakin diyakini bahwa Freeport harus ditinjau dari kepentingan nasional Indonesia menurut UUD negeri ini. Dampaknya terhadap lingkungan dan kesejahteraan penduduk setempat, soal perusakan lingkungan yang selama ini tak pernah digubris dibandingkan penghasilan yang dibawa ke luar negeri oleh perusahaan Neolib Freeport.

Abad KETERBUKAAN semakin mantap. Semua terjadi di luar kehendak perorangan. Keterbukaan melaju tanpa kita sedari. Publik semakin luas bisa aktif ambil bagian dalam era citizen journalism atau era jurnalisme publik era internet.

Karena itu, persoalan semakin dipahami secara mendeteil dan juga semakin ilmiah karena ditinjau dari banyak segi dan terpenting ialah dari segi-segi pendapat yang bertentangan yang mengakibatkan persoalan akan tergali lebih mendalam dan lebih luas.

Banyak pakar dan elit politisi Indonesia yang sudah mengerti dan aktif mencerahkan hakekat persoalan Freeport sehingga semakin banyak juga publik yang paham secara mendeteil. Inilah perubahan dan perkembangan yang beri inspirasi. Soal-soal penting kemanusiaan semakin terlihat diatas meja. Soal Freeport, SDA dan emas Papua dan lingkungan adalah soal kemanusiaan yang sangat penting bagi nation Indonesia. 

Semakin banyak dibicarakan dan semakin banyak yang ikut ambil bagian dalam penilaian, semakin cepat terbuka dasar persoalan dan ini semua sudah mungkin dalam era jurnalisme publik, citizen journlism.  

KETERBUKAAN semakin mantap.

Leave a Reply