3 Jam diguyur Hujan, Lembah Katisan Peceren Kebanjiran

0
192

B. KurniaB. KURNIA PARGAULAN P. BERASTAGI. Hujan deras yang berlangsung hanya selama 3 jam kemarin sore hingga malam [Jumat 27/11] membuat 20 rumah di Dusun Lembah Katisan Desa Sempa Jaya (Kecamatan Berastagi) tergenang air.

Menurut seorang warga yang tinggal di  Lembah Katisan, Sutijah (56), banjir terjadi akibat hujan deras selama 3 jam. Volume air naik dengan cepat mencapai ketinggian 50 cm dengan kondisi saluran drainase kurang layak atau kecil sehingga air melimpah keluar dan memasuki rumah warga.

Air bercampur lumpur dan pasir menyumbat saluran air. Sempat dibersihkan oleh warga. Namun, karena debit air semakin tinggi karena curahan hujan yang belum berhenti membuat warga kewalahan.

banjir 9
Seorang warga sedang membuang air keluar yang menggenangi rumah tinggalnya.

Penuturan Ina (34) salah seorang warga lainnya, di musim penghujan Lembah Katisan Peceren setiap tahunnya memang langganan banjir. Sudah tradisi. Hanya saja, sampai saat ini, belum ada perhatian serius dari Pemda setempat untuk mengatasinya.

“Rata-rata rumah berada di titik banjir. Meski rumahnya terbuat dari triplek, rumah-rumah di sini memiliki lantai dua untuk menyimpan perabotan, terutama barang elektronik, guna menghindari kerusakan disebabkan banjir,” tutur Ina.

Warga Lembah Katisan pernah mengusulkan ke Bupati Karo lewat pemerintahan desa. Hingga saat ini tidak ada realisasi pembangunan drainase sepanjang 160 meter.

Mengenai banjir yang menjadi keluhan warga, Camat Berastagi Mirton Ketaren sempat meninjau langsung kondisinya tapi tindak lanjut juga belum ada. Harapan warga Lembah Katisan, Bupati Karo melalui Dinas PU  segeralah membangun drainase untuk lancarnya saluran air agar warga tidak susah diakibatkan banjir yang datang saat musim penghujan.

Leave a Reply