4 Rumah Diterjang Longsor Lereng Sibayak

0
126

B. KurniaB. KURNIA PARGAULAN P. BERASTAGI. 4 rumah warga rusak diterjang material longsor di Desa Doulu (Kecamatan Berastagi), persisnya di Dusun III. Longsor yang terjadi Pukul 19:00 Wib kemarin [Jumat 27/11] meyapu bersih harta benda milik warga.

Warga yang rumahnya rusak saat ini mengungsi dan butuh bantuan logistik, selimut dan pakaian. Longsor terjadi tiba-tiba membuat warga hanya bisa menyelamatkan diri.

“Harta benda dibiarkan disapu longsor.” kata anggota BPD Desa Daulu, Sanusi Purba, mewakili korban longsor  di lokasi kejadian.

Material longsor terdiri bebatuan, lumpur, serta serpihan balok yang datang dengan kecepatan penuh dari  lereng Gunung Sibayak. Ini membuat warga panik berhamburan keluar rumah. Itu sebabnya, warga  tidak mampu berbuat banyak, apalagi selamatkan barang berharga.

Terdata 4 kepala keluarga saat ini diungsikan ke rumah warga lain yang kondisinya longsor 8aman; yakni Anto (30), Suratman (45), Permana Purba (31), dan Nurdin Sitanggang (45).

Meski sudah diungsikan ke tempat aman, korban longsor butuh bantuan logistik dan lainnya. Sekarang ini, untuk memenuhi kebutuhan harian mereka, seperti  makan dan minum, warga setempat bergotongroyong memberikan sumbangan.

Dana terkumpul dari warga terbatas. Atas nama Pemerintah Desa Doulu, Zakaria Purba mengungkapkan, Pemkab Karo melalui Dinas Sosial diminta segera bantu kebutuhan warga Doulu korban longsor.

Nasib (38), salah seorang keluarga korban mengatakani di pengungsian, keempat kepala keluarga itu dalam kondisi yang memprihatinkan. Baju hanya ada yang tinggal melekat di badan. Satupun barang berharga tidak dapat diselamatkan, tidur berlapis tikar plastik, sedangkan makan dan minum berharap belas kasihan orang lain.

“Pihak pemerintah desa serta tetangga juga berharap ada tangan-tangan dermawan yang peduli mau membantu warga korban longsoran alam ini,” ujar tetangga merga Purba, Sembiring, Pangaribuan dan Tampubolon ini.

Leave a Reply