Siswa Erkolong-kolong Pada Hari Guru

0
134

B. KurniaB. KURNIA PARGAULAN P. BERASTAGI. Peringatan Hari Guru ke 70 Kabupaten Karo dipusatkan di SMKN 1 Berastagi dengan pembina upacara Bupati Karo, Terkelin Brahmana [Rabu 25/11]. Acara ini diikuti oleh 800 lebih siswa dan lebih 100 guru. Bupati membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan RI Anies Baswedan.

Amanat menteri menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas semua pengabdian ibu dan bapak guru. Republik ini dirintis dan didirikan oleh kaum terdidik. Mereka adalah generasi baru di zamannya yang merasakan pengajaran, pendidikan dan pencerahan.

Ki Hajdjar Dewantara menyebut tempat belajar sebagai taman. Istilah itu meneguhkan tekad bahwa pendidikan memang harus menjadi sebuah proses pembelajaran menyenangkan walaupun penuh tantangan.

“Mari kita teguhkan ikhtiar Ibu dan Bapak Guru, ikhtiar kita bersama untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Mari sama-sama kita kirimkan pesan kepada seluruh komponen bangsa ini, bahwa guru mulia karena karya,” tandas bupati didampingi Kepala Sekolah SMKN.1 Berastagi, drs. Klion Depari dan Sekretaris Diknas, Amrin Sinulingga dan Kabid Dikdas, dra. Serli Keliat dan sejumlah pimpinan SKPD dan undangan lainnya.

Acara Hari Guru yang diwarnai dengan pengibaran bendera Merah-Putih diiringi lagu Indonesia Raya dibawakan pasukan Paskibraka SMKN 1 Berastagi. Juga dilangsungkan pembacaan Panca Sila oleh Bupati Karo dan lagu Hymne guru. Pada kesempatan itu juga pihak sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Rosmiati Br Ginting mengumumkan siswa yang berprestasi. Diantaranya siswa, Herminda Ulina meraih juara pada kejuaraan nasional, Nopember 2015 di Batam.

“Cindi Claudia meraih juara pada kejuaraan nasional membatik yang diselenggarakan Juni 2015 lalu di Banten,” ujar Rosmiati didampingi Benyamin Surbakti, Lena Br Tarigan dan Thamrin Sitohang, masing-masing wakil kepala sekolah.

Di akhir upacara, ditandai dengan penyematan bunga kepada Ibu dan Bapak guru oleh siswa dan pemberian bunga tangan kepada bupati Karo Terkelin Brahmana oleh Ketua OSIS dan kalungan bunga kepada Kepala Sekolah drs. Klion Depari serta dilanjutkan hiburan tradisional Karo perkolong-kolong yang diperankan para siswa. Mereka menyanyi dan menari bersama para guru di halaman sekolah sehingga acara berlangsung meriah, sukses dan penuh kekeluargaan.

Leave a Reply