Kandungan Emas di Taneh Karo

0
527

Oleh: Romerro Arya Baratha (Yogyakarta)

 

romerroEmas (aurum) dengan lambang kimia AU merupakan logam mulia yang biasanya menyatu dengan mineral logam lainnya, yaitu perak (AG), tembaga (CU), Timah (PB), dan pirit (FE S2). Taneh Karo yang merupakan bagian dari letusan Gunungapi purba Toba, otomatis mempunyai batuan dan tanah sulfida yang rata-rata mengandung mineral logam seperti emas dan perak.

Dalam pertambangan emas, bahan mentah yang dikeluarkan dari alam, atau material alluvial yang berada di lapisan atas tanah, diolah dengan cara khusus untuk mendapatkan logam Campuran. Walaupun di jaman modern ini pengolahan emas kawarsemakin berkembang, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa setiap emas yang dihasilkan dari material tambang, perolehan tersebut selalu bercampur dengan logam perak.

Kalau ada yang berminat pada pertambangan emas di Taneh Karo, saya siap berkonsultasi. Bisa konsultasi langsung. Saya punya peta deposit emas di Taneh Karo. Bahkan deposit dan kadarnya sangat baik.

Ayo kita tambang emas sendiri sebelum dikuasai perusahaan asing.

Momen ini bertepatan dengan Rakernas dan Deklarasi ASOSIASI PENAMBANG EMAS RAKYAK INDONESIA yang saat ini sedang dilaksanakan bersama Kementrian Lingkungan Hidup, Kementrian ESDM, dan Kementrian Kesehatan.

Bujur, Salam Tambang.

Leave a Reply