Mobil Puskesmas Kabupaten Karo Memprihatinkan

0
164

B. KurniaB. KURNIA PARGAULAN P. BERASTAGI. Mobil kenderaan operasional Puskesmas Kecamatan di Kabupaten Karo sangat memprihatinkan, khususnya untuk kota wisata Berastagi. Sebagaimana teramati oleh Sora sirulo, kenderaan itu sangat tidak terawat dan terkesan tidak sehat.

Puskesmas Berastagi memiliki hanya satu unit kenderaan ambulans. Demikian juga masing-masing Puskesmas di Kecamatan-kecamatan Kabanjahe, Payung, Simpang Empat, Barusjahe, Tigapanah, Lau Baleng dan lain-lainnya.

puskesmas
Mobil dinas operasional Puskesmas Berastagi yang tidak terawat dalam melaksanakan pelayanan bagi masyarakat.

Ketika hal ini dipertanyakan kepada Kepala Puskesmas Berastagi Menda br Sembiring beberapa waktu lalu di Aula Dinkes Karo di Kabanjahe, dia mengatakan, pihaknya di Puskesmas Berastagi tidak mempunyai dana pemeliharaan kenderaan operasional.

Termasuk untuk dana penggantian onderdil medis yang rusak, tidak ada dana disalurkan ke Puskesmas. Semua dikelola di Dinkes Karo.

“Miris sekali melihat keadaan medis Puskesmas yang sangat membutuhkan perbaikan pada kondisi saat ini,” ujar dokter muda ini.

Ketika hal ini dipertanyakan kepada Kadis Kesehatan Karo melalui Kabag Umum J. Tarigan di kantornya menyatakan, memang belum ada dianggarkan dana permeliharaan kenderaan dinas tersebut.

“Saat diajukan untuk ditampung di biaya Dinkes Karo, ternyata mengalami pencoretan dalam Rapat Anggaran,” ujar Tarigan mengakhiri.

Leave a Reply