2 Acara Baru Sirulo TV

0
119
Ita Apulina Tarigan 3
Ita Apulina Tarigan di Singapore.

LORETA KARO SEKALI. AMSTERDAM. Di akhir Tahun 2015 ini Sora Sirulo merencanakan memulai 2 buah program baru di bawah naungan Sirulo TV yang menggunakan jasa layanan Youtube. Satu diantaranya adalah ulasan beberapa diantara berita-berita/ essai yang dipilih selama sepekan sebelumnya. Acara ini diberi nama SELECTION. Adapun satu acara lainnya yang telah dimulai kemarin [Minggu 6/12] bernama ERNUNGNUNG (Insight).

ERNUNGNUNG adalah istilah bahasa Karo untuk mempertanyakan satu hal untuk memperdalam pemahaman dan pengertian kita terhadap hal tersebut. Karena itu, acara ERNUNGNUNG dapat juga kita sebut Insight.

Acara Sirulo TV yang bernama ERNUNGNUNG (Insight) ini mendalami satu hal tertentu dengan mewawancarai satu atau beberapa orang terkait atau berperan penting di dalam hal yang sedang didalami.

ERNUNGNUNG (Insight) kali pertama ini adalah mewawancarai Dr. Clara Brakel melalui telepon dari Surabaya (Indonesia) ke rumahnya di Voorburg (Nederland) terkait dengan bukunya yang baru terbit tentang Suku Pakpak, salah satu suku bangsa yang berdiri sendiri di Sumatera Utara (Indonesia). Meski pengantar acara disampaikan dalam bahasa Indonesia, wawancara Sirulo TV dengan Dr. Clara Brakel berlangsung di dalam bahasa Inggris.

Adapun buku karya Dr. Clara Brakel itu bisa dilihat di SINI.

Pemimpin Redaksi Sora Sirulo, Ita Apulina Tarigan, bertindak sebagai presenter untuk kedua acara SELECTION dan ERNUNGNUNG (Insight). Mei 2016, dia akan mengadakan kunjungan ke beberapa negara Eropah yang antara lain adalah Belanda dan Swedia.

Di Swedia dia beraharap dapat mewawancarai tokoh senior M.U. Ginting yang sekaligus kolumnis Sora Sirulo mengenai pengalaman hidupnya. Di Belanda, Ita kemungkinan tampil di beberapa event internasional memainkan alat musik tradisional Karo ketteng-ketteng serta memberikan pelatihan memainkan alat musik ini terhadap beberapa orang Belanda yang berminat.


Leave a Reply