Wakamenlu AS ke Aceh

0
123

aceh 1RISWANDI. BANDA ACEH. Wakil Menteri Luar Negeri AS, untuk urusan Keamanan, Demokrasi dan HAM, Dr Sarah Sewall menyambangi Tanah Rencong [Selasa 8/12: Malam]. Sarah Sewall, yang didampingi Staf Senior Wakil Menteri Noah Krystel, Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera, Y. Robert Ewing, dan Deputi Konsul AS, Gordon Church, diterima oleh Gubernur Aceh, dr. H. Zaini Abdullah sekira Pukul 20.15 WIB di Meuligoe Aceh, Banda Aceh.

Abu Doto, sapaan akrab Gubernur Aceh, juga mengadakan jamuan makan malam di ruang adat Meuligoe, sebelum menggelar pertemuan tertutup.

Turut mendampingi Gubernur; Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al-Haytar, Kadis Syariat Islam Aceh Prof Syahrizal Abbas, Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Aceh Nasir Zalba dan Karo Humas Pemerintah Aceh, Frans Dellian.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat itu, Delegasi Wamenlu As bersama Pemerintah Aceh membahas prioritas keamanan sipil termasuk mencegah kekerasan, keamanan maritim dan terkait kebebasan beragama. Pertemuan berlangsung hingga pukul 22.00 WIB.




Wamenlu Sewall juga menggunakan kesempatan kunjungannya di Aceh untuk peluncuran pusat USA Education di UIN Ar-Raniry, Darussalam Banda Aceh. Dijadwalkan, Sewall juga akan menghadiri Bali Democracy Forum (BDF) di Bali pada 10 Desember nanti.

Sarah Sewall, usai pertemuan mengungkapkan kekagumannya terhadap budaya dan masyarakat Aceh. Wamenlu Sewall juga terlihat serius memperhatikan foto-foto yang terpajang pada dinding bagian dalam Meuligoe, sembari berdiskusi santai dengan Wali Nanggroe Aceh, Malik Mahmud.

Dr. Sarah Sewall menjabat Wakil Menteri sejak 20 Februari 2014 dan dia merupakan spesialis kebijakan publik dari Universitas Harvard. Sewall juga merupakan salah seorang pakar strategi militer Amerika Serikat. Sebelumnya dia pernah menjabat sebagai Deputi Menteri Pertahanan semasa pemerintahan Clinton.




Leave a Reply