Kolom M.U. Ginting: MAWAR BERDURI

0
113

M.U. Ginting 2Tulisan Joni H. Tarigan (JHT) sangat inspiratif dan juga dialektis karena hidup ditinjau dari segi-segi bertentangan dan menghasilkan semangat untuk berjuang membikin perubahan yang lebih baik bagi kemanusiaan. Ini terutama dalam saling hubungan sosial sesama teman dekat atau jauh. Karena itu, tulisan itu juga bikin pencerahan praktis dalam menghadapi kehidupan sehari-hari.

“Pribadi setiap manusia itu juga seperti mawar, setiap orang anda hadapi suatu saat akan mengecewakan anda, akan tetapi orang itu juga pasti memiliki kebaikan,” kata JHT.

Mawar berduri tetapi juga punya keindahan. Mau tak mau kita memang harus melihatnya dari dua segi (bertentangan), sangat terasa kebenarannya. Di situ ada kontradiksi dan perjuangan, dan itulah agaknya yang memberikan arti.

stevie wonderLife has meaning only in struggle,” pernah dikatakan oleh Stevie Wonder.

Kesuksesan Stevie seperti menghadapi mawar berduri.

“Ketika dikoreksi ‘saya terkejut’ karena niat saya selalu baik,” kata JHT.

Pencerahan yang berguna menambah pengalaman juga karena memang sangat sering yang kita anggap baik, orang lain menanggapinya sebaliknya. Dari segi dagang, kebaikan juga memang seperti barang dagang. Kalau terlalu banyak barangnya, jadi tak ada nilainya (penawaran dan permintaan).

Dari segi pandangan lain seperti dikatakan oleh Albert Camus:

Basically at the very bottom of life, which seduces us all, there is only absurdity, and more absurdity. And maybe that’s what gives us joy for living, because the only thing that can defeat absurdity is lucidity.




Leave a Reply