Cuaca Bahorok dan Bukitlawang

0
296

Leo B. KabanLEO B. KABAN. BAHOROK. Kawasan Bahorok dan Bukitlawang (Kecamatan Bahorok), Kabupaten Langkat bahagian Hulu, saat ini mengalami cuaca Ekstrim. Sejak akhir bulan September kemarin hingga saat ini, sudah biasa turun hujan deras yang dapat mengancam terjadinya banjir bandang.

Kawasan ini adalah termasuk gugusan Pegunungan Bukit Barisan yang memanjang dari Timur Laut ke Tenggara Pulau Sumatera, memiliki musim penghujan yang perlu diantisipasi dengan penuh hati-hati setiap tahunnya. Biasanya puncak musim penghujan adalah akhir bulan Desember sampai pertengahan bulan Januari.




Kondisi saat ini, 4 sungai terbesar di Kecamatan Bahorok (Sungai Wampu, Sungai Bahorok, Sungai Berkail, dan Sungai Tebah) semuanya masih dalam keadaan banjir. Banjir ini berdampak pada penurunan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke daerah ini yang andalan utamanya adalah sungai dan hutan termasuk orangutan yang tinggal di hutan.

“Melihat dan mengamati keadaan perkembangan cuaca, diperkirakan tahun ini tidak mengalami banjir yang besar,” demikian dikatakan oleh para tokoh-tokoh masyarakat yang ada di daerah ini.




Leave a Reply