Sirulo TV: Barong, PPI dan Kuwung-kuwung di Museum Volkenkunde Leiden

0
93

Juara R. Ginting 3JUARA R. GINTING. LEIDEN. Kelompok Tari KUWUNG-KUWUNG akan menampilkan Barong dari Jawa di Museum Volkenkunde Leiden pada 20 Desember nanti. Sirulo TV meliput salah satu proses latihan dari kelompok tari ini di LAK Theater Universitas Leiden [Jumat 11/12: Pkl. 18.00 – 20.00].

Uniknya, Sirulo TV yang datang atas maksud meliput proses latihan ini, akhirnya harus terjun ke arena untuk bergabung dengan para pemeran/ penari.

barong 1
Sutradara Clara Brakel sedang memberikan pengarahan kepada pemain musik

Kali ini, Kelompok Tari Kuwung-kuwung yang dimpimpin oleh Dr. Clara Brakel bergabung dengan para mahasiswa S2 asal Indonesia yang terhimpun di dalam Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Leiden. Sebagaimana umumnya orang Indonesia, apalagi mereka baru kali ini ditampilkan untuk sebuah pertunjukan panggung seni tradisional, mainnya serasa sungkan-sungkan dan enggan walaupun umumnya mereka ingin sekali tampil bagus.

Clara Brakel meminta latihan diulang dan reporter anda ikut terjun bermain dalam latihan ke dua ini. Betul saja, kini, barang bergerak lincah dan semakin liar. Para ibu yang hendak membunuh barong pun semakin bernafsu saja membunuh sang barong setelah terpengaruh mimik dan gerak reporter anda yang melakonkan salah seorang ibu.

barong 2Tidak hanya para pemeran/ penari, para pemusik yang dipimpin oleh Renadi Santoso juga semakin bergairah.

Akhirnya, sutradara Clara Brakel meminta reporter anda turut bermain pada dua pertunjukan barong ini:

Tempat: Museum Volkenkunde (Steenstraat 1A, Leiden (Tel: 088 0042 800)

Waktu:
1. Minggu 20 Desember 2015  (Pkl. 14.00 -15.15) 
2. Minggu 3 Januari 2016 (Pkl. 14.00 – 15.15)









Leave a Reply