Jalan Medan—Berastagi Rawan Longsor

0
136

foto nggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Memasuki musim penghujan (Perudan), sejumlah titk Jalan Lintas Sumatera sepanjang Medan—Berastagi rawan longsor. Para pengguna jalan diharapkan selalu waspada akan longsor. Mengantipasi kerawanan longsor ini, pihak Satlantas Polres Tanah Karo memberi rambu-rambu di sekitar jalan yang bertebing dan berjurang curam serta menyiagakan alat berat karena longsor sewaktu-waktu dapat terjadi.

Jalan raya lintas Sumatera Karo yang menghubungkan ibu kota provinsi (Medan) dengan kota wisata Berastagi terdapat sejumlah titik kawasan rawan. Banyaknya titik rawan longsor ini disebabkan oleh kondisi yang melewati daerah hutan dengan tebing dan jurang dengan kemiringan yang curam. Curah hujan yang tinggi dapat mengakibatkan runtuhnya tebing dan jurang beserta material bebatuan dan kayu kayu. Tiang listrik juga dapat tumbang akibat pergeseran tanah.




Diajurkan untuk tidak memasuki kawasan longsor jika terjadi hujan. Selain itu, Polres Tanah Karo juga mempersiapkan 1 unit alat berat untuk mengantisipasi kemacetan total apabila longsor terjadi. Personil Satlantas yang bertugas juga siaga jika terjadi hujan.

Polres Tanah Karo menghimbau para pengendara/ pengguna Jalan Lintas Sumatera sepanjang Medan—Berastagi agar selalu waspada jika melewati wilayah rawan longsor. Jangan melintas saat terjadi hujan dan tetap di antrian jika terjadi kemacetan saat terjadi longsor maupun Laka Lantas di jalan raya agar tidak memperparah kemacetan.




Leave a Reply