Sinabung Masih Tetap Mengancam

0
228

foto nggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Aktivitas Gunung Sinabung masih tinggi. Erupsi dan luncuran awan panas guguran masih terus terjadi hingga mencapai 3.500 meter ke sektor Tenggara Timur. Di musim penghujan saat ini, lahar dingin yang mengancam keselamatan jiwa juga kembali terjadi.

Guguran laharan Gunungapi Sinabung (Dataran Tinggi Karo) kembali terjadi kemarin petang hingga malam [Jumat 19/12] disertai banjir lahar dingin dengan ketinggian setengah meter. Lahar dingin mengalir deras menggerus bantaran jalur laharan dan Sungai Lau Borus yang mengalir ke sejumlah kecamatan seperti Naman Teran, Simpang Empat, Payung dan Tiga Nderket (Kabupaten Karo).

sinabung 44Asap kehitaman material abu vulkanik kembali menyelimuti kawasan lereng Gunung Sinabung. Dari seismik masih terekam gempa low frekwensi hybrid dan tremor yang tinggi. Pertumbuhan kubah lava dari perut bumi ke kawah Gunung Sinabung masih terus terjadi. Gerakan ini berpotensi kembali mengakibatkan terjadinya erupsi dan muntahan awan panas.

Masyarakat dihimbau tidak memasuki atau beraktivitas di Zona Merah radius 7 km dan 5 km sektor Tenggara Timur serta jalur laharan.




Sejak 2 Juni 2015 sampai dengan hari ini, status Gunung Sinabung masih tetap Awas (Level 4). Pos Pematau Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kembali menghimbau masyarakat untuk tidak beraktivitas di radius 7 km dan 5 km sektor Tenggara Timur serta jalur laharan yang mengancam keselamatan jiwa.




Leave a Reply