Blatter dan Platini Kena Skor 8 Tahun, Van Praag Siap Gantikan

0
145
van praag
Michael van Praag

LORETA KARO SEKALI AMSTERDAM. Komisi Etik menskor Michael Platini dan Sepp Blatter untuk 8 tahun atas pembayaran illegal sebesar 1,8 juta euro dari Blatter untuk Platini pada tahun 2011. Platini dan Blatter masing-masing adalah Ketua UEFA dan Presiden FIFA.

Meski keduanya mengumumkan akan mengajukan banding, keputusan dari Komisi Etik itu langsung mendapat reaksi dari Michael van Praag yang merupakan salah satu saingan terberat Blatter untuk menduduki kursi Presiden FIFA dalam pemilihan barusan yang, seperti sudah diduga sebelumnya, akhirnya dimenangkan oleh Blatter. Salah satu kampanye utama dari Van Praag yang sekaligus adalah Ketua KNVB (PSSI-nya Belanda) dan Wakil Ketua UEFA ini adalah membersihkan FIFA dari korupsi yang telah merajalela selama ini dan merebak ke seluruh sendi-sendi sepak bola dunia, termasuk di Indonesia.




Pada saat semasa kampanye, Platini terus menerus mengkritik Blatter dan bahkan cenderung menyerangnya. Tapi, ketika diumumkan bahwa Blatter adalah Presiden FIFA yang terpilih kembali, Platini langsung menyalami Blatter dengan gerakan tubuh dan mimik wajah yang seolah sangat bergembira atas kemenangan Blatter. Sekarang, terungkap pula ke permukaan ternyata mereka “ada main” dalam hal uang selama ini.

Van Praag menyebut hasil penyelidikan tindakan mencurigakan dari Sepp Blatter dan Michel Platini sangat memalukan dunia olahraga dan sepakbola khususnya. Dia memang mendapat banyak pujian ketika ia mengkritik Presiden FIFA Sepp Blatter saat kampanye pemilih presiden FIFA. Tapi, banyak pujian tidak cukup menghantarkannya menjadi Preiden FIFA yang baru menggantikan Sepp Blatter.

Bila UEFA mencari ketua baru pengganti Platini, Michael van Praag yang mantan Ketua Ajax FC ini menyatakan siap mencalonkan diri.




Leave a Reply